Kompas.com - 02/12/2021, 20:32 WIB
Bintang Sirius, bintang paling terang di alam semesta. Sirius adalah satu-satunya nama bintang yang disebutkan dalam Al Qur'an, dengan nama bintang Syi'ra dan merupakan bintang tunggal yang disebut Najm dalam astronomi Islam. Akira Fujii/Hubble European Space Agency via WIKIMEDIA COMMONSBintang Sirius, bintang paling terang di alam semesta. Sirius adalah satu-satunya nama bintang yang disebutkan dalam Al Qur'an, dengan nama bintang Syi'ra dan merupakan bintang tunggal yang disebut Najm dalam astronomi Islam.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Beberapa bintang memiliki cahaya yang lebih terang daripada bintang lainnya.

Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah jarak relatif bintang terhadap Bumi dan suhu bintang yang sangat panas.

Dari sekian banyaknya bintang di angkasa, beberapa di antaranya dinobatkan sebagai bintang yang memiliki cahaya paling terang.

Dilansir dari Edukasi Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berikut adalah daftar 5 bintang paling terang yang menghiasi langit malam:

1. Sirius – Alfa Canis Mayoris

Sirius merupakan bintang paling terang di seluruh langit malam. Bintang ini merupakan bintang utama yang terletak di konstelasi Canis Mayor.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Umur Bintang? Begini 3 Caranya

Sirius dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab pada umumnya, salah satunya karena digunakan sebagai penanda banjir tahunan.

Kecerlangan visual gabungan Sirius (Sirius A dan Sirius B) adalah sebesar -1,46. Sirius A tergolong kelas spektrum A1V yang menandakan bahwa bintang ini berada di deret utama, sedangkan Sirius B masuk dalam kelas spektrum DA2 yang berarti bahwa bintang ini adalah bintang katai putih.

Bintang Sirius berjarak 8,6 tahun cahaya dengan ukuran masing-masing (Sirius A dan B) sebesar 1,7 dan 1 per 100 20 kali Matahari.

2. Canopus – Alfa Carinae

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.