Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2021, 20:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Beberapa bintang memiliki cahaya yang lebih terang daripada bintang lainnya.

Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah jarak relatif bintang terhadap Bumi dan suhu bintang yang sangat panas.

Dari sekian banyaknya bintang di angkasa, beberapa di antaranya dinobatkan sebagai bintang yang memiliki cahaya paling terang.

Dilansir dari Edukasi Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berikut adalah daftar 5 bintang paling terang yang menghiasi langit malam:

1. Sirius – Alfa Canis Mayoris

Sirius merupakan bintang paling terang di seluruh langit malam. Bintang ini merupakan bintang utama yang terletak di konstelasi Canis Mayor.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Umur Bintang? Begini 3 Caranya

Sirius dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab pada umumnya, salah satunya karena digunakan sebagai penanda banjir tahunan.

Kecerlangan visual gabungan Sirius (Sirius A dan Sirius B) adalah sebesar -1,46. Sirius A tergolong kelas spektrum A1V yang menandakan bahwa bintang ini berada di deret utama, sedangkan Sirius B masuk dalam kelas spektrum DA2 yang berarti bahwa bintang ini adalah bintang katai putih.

Bintang Sirius berjarak 8,6 tahun cahaya dengan ukuran masing-masing (Sirius A dan B) sebesar 1,7 dan 1 per 100 20 kali Matahari.

2. Canopus – Alfa Carinae

Canopus adalah bintang paling terang kedua setelah Sirius. Bintang ini merupakan bintang utama yang berada di konstelasi Carina.

Kecerlangan visual Canopus adalah -0,74 dan termasuk dalam kelas spektrum A9II yang menandakan bintang ini tergolong bintang raksasa terang (kelas II) dengan tipe A9.

Bintang yang sangat terang ini berjarak 310 tahun cahaya dengan ukuran 71 kali lebih besar dari Matahari.

Baca juga: 5 Fakta Galaksi Bima Sakti, Galaksi dengan 200 Miliar Bintang

3. Alfa Centauri

Bintang paling terang ketiga setelah Canopus adalah Alfa Centauri. Pada dasarnya, Alfa Centauri adalah sistem bintang ganda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com