Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia, Ada yang Beratnya Hampir 2 Ton

Kompas.com - 21/11/2021, 16:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya air laut yang menjadi habitat bagi ikan-ikan terbesar di dunia, namun juga air tawar. Ikan air tawar terbesar di dunia hidup di sungai dan danau terbesar di dunia. Tahukah kamu ikan terbesar di dunia?

1. Sturgeon beluga

Ikan terbesar di dunia adalah sturgeon beluga. Ikan sturgeon beluga adalah ikan yang hanya tinggal Laut Hitam dan Laut Kaspia. Ikan ini terus tumbuh selama hidupnya. Ikan ini mampu hidup selama 100 tahun.

Ukuran ikan sturgeon beluga adalah 7,3 meter dengan berat mencapai 1.587 kilogram. Populasi beluga saat ini masuk kategori hampir punah atau critically endangered menurut IUCN Red List.

2. Lele mekong raksasa

Lele mekong raksasa adalah ikan asli Asia Tenggara. Ikan lele lekong raksasa bisa tumbuh sampai 3 meter dengan berat 294 kilogram. Ukurannya yang fantastis membuat ikan ini banyak diburu dan dijadikan kompetisi untuk mendapatkan hadiah. Karena perburuan yang masif, lele mekong raksasa telah masuk kategori critically endangered atau hampir punah.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Dunia, Ada yang Melintasi 11 Negara

3. Aligator gar

Aligator ini mampu hidup di air tawar dan air laut. Ukuran maksimal aligator gar adalah 3 meter dengan bobot 158 kilogram. Ikan ini mampu hidup hingga 50 tahun. Habitat ikan ini berada di Sungai Mississippi.

4. Arapaima

Ikan air tawar terbesar keempat adalah arapaima. Arapaima adalah ikan asli Sungai Amazon. Ikan ini sangat unik karena mampu hidup selama 24 jam di luar air. Panjang maksimal arapaima adalah 3 meter dan berat maksimalnya adalah 136 kilogram.

5. Ikan pari air tawar raksasa

Ikan pari air tawar raksasa ditemukan pertama kali di sungai Asia Tenggara pada tahun 1900-an. Ikan ini bisa tumbuh sampai selebar 4 meter. Berat maksimal ikan pari raksasa ini mencapai 589 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com