Kompas.com - 10/11/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi sayur paling sehat freepikIlustrasi sayur paling sehat

KOMPAS.comSayur adalah salah satu bahan makanan yang penting untuk tubuh dan mampu meningkatkan kesehatan. Sayur mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat. Namun, apa sayur yang paling sehat?

Berikut adalah berbagai sayuran yang paling sehat yang bisa menjadi pilihan Anda saat membeli sayur.

1. Bayam

Bayar adalah sayur berdaun hijau yang kaya akan zat besi, kalsium, dan antioksidan. Bayam sering dikonsumsi untuk menambah zat besi bagi orang yang membatasi konsumsi daging.

Selain itu, bayam tinggi akan vitamin K, A, C, magnesium, dan folat. Vitamin K sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium.

2. Kale

Kale juga merupakan sayuran berdaun hijau yang terkenal akan kepadatan gizinya. Kale kaya akan vitamin A, C, dan K.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kale bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen. Tidak hanya itu, kale juga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah.

Baca juga: Manfaat Sawi Putih, Sayur Paling Padat Gizi Kedua Menurut CDC

3. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayur yang paling sehat. Brokoli kaya akan vitamin C. Selain itu, brokoli mengandung indole dan isotiosianat yang bisa menghambat perkembangan sel kanker payudara, hati, dan lambung.

4. Bit

Bit kaya akan potasium, folat, dan nitrat. Bit baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan terbukti bisa menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah bit mengandung antioksidan alpha lipoat yang bermanfaat untuk pasien diabetes yang mengalami masalah saraf.

5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A. Vitamin A dalam wortel mampu membutuhi empat kali kebutuhan vitamin A orang dewasa. Vitamin A penting untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga mengandung nutrien yang bisa menurunkan risiko terkena kanker.

6. Kembang kol

Kembang kol bisa menurunkan risiko terkena kanker karena mengandung antioksidan yang bernama indole-3-carbinol. Selain itu, kembang kol kaya akan vitamin C, K, dan serat.

7. Rumput laut

Rumput laut adalah salah satu dari sedikit tumbuhan yang mengandung asam lemak omega 3 bernama asam dokosaheksaenoat dan asam eikosapentaenoat yang biasanya hanya ditemukan di sumber hewani.

Rumput laut juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan memiliki efek antiinflamasi. Manfaat ini akan menurunkan kerusakan sel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.