Kompas.com - 08/11/2021, 07:30 WIB
Sawi putih, sayur paling padat gizi kedua menurut CDC freepikSawi putih, sayur paling padat gizi kedua menurut CDC

KOMPAS.comSawi putih adalah sayur yang kaya akan nutrisi. Bahkan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melabeli sawi putih sebagai sayur paling padat gizi kedua setelah selada air.

Sawi putih merupakan sayuran dari famili Brassica bersama dengan sayuran sehat lainnya, seperti brokoli, kale, dan kubis. Sawi putih banyak digemari karena rasanya yang manis dan renyah. Sayuran ini banyak ditemukan di dalam masakan Asia.

Kandungan sawi putih

Sawi putih adalah sayur dengan kalori yang sangat rendah. Bahkan, dalam 100 gram sawi putih hanya terkandung kurang dari 16 kalori saja. Hal ini menjadikan sawi putih pilihan sayur yang baik untuk Anda yang sedang diet.

Sawi putih mengandung berbagai antioksidan tinggi, seperti karoten, tiosianat, indole-3-carbinol, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, sawi putih juga tinggi serat yang baik untuk saluran pencernaan.

Sedangkan untuk kandungan nutrisinya, setiap 100 gram sawi putih mengandung vitamin dan mineral sebagai berikut.

  • Folat: 20 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 45 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 38 persen dari kebutuhan harian
  • Piridoksin: 18 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin A: 11 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, seperti niasin, riboflavin, dan tiamin
  • Mineral lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, dan zinc.

Baca juga: Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan

Manfaat sawi putih

Kandungan nutrisi yang tidak ada tandingannya, membuat sawi putih menjadi sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat sawi putih untuk kesehatan.

1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan folat yang tinggi di dalam sawi putih mampu meningkatkan fungsi jantung dengan baik. Folat bekerja dengan menghilangkan homosistein dan kolesterol yang menjadi penyebab serangan jantung pada usia muda.

2. Mencegah dan mengatasi diabetes

Mangan di dalam sawi putih berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan bernama glokoneogenesis. Enzim glukoneogenesis mampu mengubah asam amino menjadi gula dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa mangan bisa memicu sekresi insulin yang penting bagi penderita diabetes.

3. Mengobati flu

Vitamin C di dalam sawi putih sangat tinggi dan bisa meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang baik bisa melindungi tubuh dari flu dan bisa meredakannya jika Anda terkena flu. Vitamin C juga mengoptimalkan penyerapan zat besi yang penting untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Baca juga: 5 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan, Bisa untuk Atasi Asma

4. Mengobati arthritis

Sawi putih mengandung vitamin B3 atau niasin yang terbukti meningkatkan mobilitas sendi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung niasin bisa menurunkan nyeri sendi akibat arthritis dan meningkatkan kekuatan otot.

5. Memperkuat tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang penting untuk kekuatan tulang dan gigi. Keduanya terkandung di dalam sawi putih. Itulah sebabnya sawi putih menjadi pilihan sayur yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.