Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Kembangkan Vaksin Covid-19 Baru yang Lebih Mudah Disimpan

Kompas.com - 08/11/2021, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Vaksin-vaksin Covid-19 yang telah dikembangkan dan digunakan saat ini, sebagian besar memerlukan tempat penyimpanan khusus. Namun, vaksin Covid-19 baru yang dikembangkan ilmuwan di Boston jauh lebih mudah disimpan.

Seperti diketahui, vaksin Pfizer dan Moderna adalah dua jenis vaksin Covid-19 yang memerlukan tempat penyimpanan dingin dan dengan kapasitas produksi yang canggih.

Sehingga, vaksin-vaksin ini meyulitkan untuk produksi dan distribusi secara luas, terutama saat didistribusikan ke negara2-negara kurang berkembang.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (8/11/2021), parailmuwan di Rumah Sakit Anak Boston telahmelaporkan jenis vaksin baru yang berpotensi lebih mudah di produksi dan tidak memerlukan pendinginan.

Studi itu telah dilaporkan di jurnal PNAS edisi 2 November lalu. Para peneliti yang dipimpin oleh Hidde Ploegh, Ph.D., dan penulis pertama Novalia Pishesha, Ph.D., dan Thibault Harmand, Ph.D., percaya bahwa teknologi mereka dapat membantu mengisi kesenjangan vaksinasi global.

Selain itu, mereka meyakini bahwa teknologi yang sama dapat diterapkan untuk vaksin penyakit lain.

Baca juga: Vaksin Baru Ini Disebut bisa Memblokir Covid-19 dan Varian Baru

Dalam uji coba pengembangan vaksin yang dilakukan pada tikus, vaksin Covid-19 yang dikembangkan tersebut menimbulkan respons imun yang kuat terhadap virus SARS-CoV-2 dan variannya. Vaksin tersebut juga berhasil dibeku-keringkan dan kemudian dilarutkan tanpa kehilangan kemanjurannya.

Tidak seperti vaksin Covid-19 saat ini, desain baru vaksin tersebut sepenuhnya berbasis protein, sehingga memudahkan banyak fasilitas untuk diproduksi.

Terdapat dua komponen dalam vaksin Covid-19 baru yang dikembangkan ini, antara lain antibodi yang berasal dari alpacas, yang dikenal sebagai nanobodies, dan bagian dari protein spike virus yang mengikat reseptor pada sel manusia.

"Kita juga bisa menempelkan seluruh protein spike atau bagian lain dari virus. Dan kita dapat mengubah vaksin untuk varian SARS-CoV-2 dengan cepat dan mudah," kata Pishesha.

Teknologi pada vaksin Covid-19 baru

Badan nano adalah bagian penting dari teknologi vaksin. Mereka dirancang khusus untuk menargetkan sel penyaji antigen, sel-sel penting dalam sistem kekebalan, dengan membawa antigen kompleks histokompatibilitas utama (MHC) kelas II pada permukaan sel.

Baca juga: FDA Izinkan Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com