Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2021, 21:12 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBiji pala merupakan rempah asli Indonesia yang memiliki rasa hangat, manis, dan aromatik. Biji pala sering digunakan di berbagai menu masakan maupun minuman. Namun, siapa sangka manfaat biji pala untuk kesehatan sangat banyak.

Manfaat biji pala

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Biji pala terbukti secara ilmiah mengandung antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

2. Memiliki efek antiinflamasi

Biji pala kaya akan komponen bernama monoterpenes yang berfungsi untuk mengurangi inflamasi di dalam tubuh. Inflamasi kronis bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan arthritis.

3. Meningkatkan gairah seksual

Penelitian pada tikus menunjukkan biji pala memberikan manfaat untuk meningkatkan hasrat seksual dan performa seksual dibandingkan kelompok kontrol. Di Asia Selatan, biji pala telah digunakan sebagai obat herbal disfungsi seksual.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana mekanismenya pada manusia.

Baca juga: Khasiat Daun Binahong, Antibiotik Alami yang Ampuh

4. Antibiotik alami

Biji pala menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap beberapa jenis bakteri, contohnya S. mutans yang menyebabkan gigi berlubang dan P. gingivalis yang menyebabkan penyakit gusi. Selain itu, biji pala juga menunjukkan penghambatan aktivitas pada bakteri E.coli.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Biji pala terbukti memiliki efek menenangkan dan sebagai antidepresan. Hal ini membuat biji pala bisa meningkatkan kualitas dan durasi tidur seseorang.

Itu dia manfaat biji pala yang luar biasa untuk kesehatan. Ternyata biji pala bukan hanya bumbu masak, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com