Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2021, 12:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.comMangga adalah buah yang banyak tumbuh di berbagai negara. Mangga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tahukah kamu ternyata ada manfaat buah mangga untuk wajah?

Secangkir mangga mengandung 67 persen vitamin C dan lebih dari 8 persen mineral tembaga, folat, vitamin B6, A, dan E. Oleh karena itu, mangga baik untuk mendukung kesehatan kulit wajah Anda.

Mangga mampu menghidrasi kulit jika diaplikasikan secara topikal. Berbagai sediaan mangga seperti butter, ekstrak, dan minyak dari mangga menjadi bahan di dalam produk perawatan kulit.

Manfaat buah mangga untuk wajah

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat buah mangga untuk wajah.

1. Mengurangi dampak buruk sinar matahari

Mangga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat penting untuk mengurangi oksidasi pada sel kulit. Sebuah studi di Korea pada tahun 2013, meneliti efek mangga terhadap dampak buruk sinar matahari pada tikus tanpa bulu.

Peneliti memberi makan tikus dengan 100 miligram ekstrak mangga per kilogram berat badan. Sebagai kontrol, peneliti juga memberikan sebagian tikus air biasa untuk efek plasebo.

Hasilnya, tikus yang diberikan ekstrak mangga memiliki lebih sedikit kerutan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Tahukah Anda, Wajah Jadi Kurang Simetris Saat Usia Bertambah Tua

2. Merangsang pembentukan kolagen

Kandungan vitamin C di dalam mangga mampu merangsang produksi kolagen alami di dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit. Tanda-tanda kulit yang kekurangan kolagen antara lain penyembuhan luka yang lambat dan bersisik.

3. Menunda penuaan dini pada kulit

Mangga mengandung vitamin E dan C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kedua vitamin ini disimpan di sel kulit.

Jumlah vitamin di sel kulit ini akan berkurang jika kulit terpapar sinar matahari. Jika tubuh hanya sedikit mengonsumsi dan menyimpan vitamin E dan C, maka kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan dan kerutan akibat sinar matahari.

4. Mengurangi jerawat

Mangga mengandung vitamin A yang tinggi. Kekurangan asupan vitamin A menyebabkan peningkatan produksi kreatin. Jika kadar kreatin berlebihan, ini bisa memicu penyumbatan pada pori-pori dan folikel rambut yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Mangga jika dikonsumsi memang bermanfaat untuk mengurangi jerawat. Namun, kamu harus berhati-hati jika menggunakan mangga secara topikal menggunakan produk yang mengandung mangga. Mangga mengandung lemak yang cukup tinggi yang justru memicu timbulnya jerawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com