Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Sebut Terobosan Baru Akan Membantu Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Kompas.com - 26/10/2021, 17:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli meyakinkan, bahwa terobosan baru memang akan bisa membantu masyarakat hidup berdampingan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Ahli Alergi dan Imunologi, Prof Dr dr Iris Rengganis Sp.PD-KAI dalam diskusi daring bertajuk 'Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Bertahan dengan Cara Sekarang atau Ada Terobosan Perubahan?', Sabtu (23/10/2021).

"Teorbosan baru jelas akan menekan angka pandemi Covid-19, dan membantu kita hidup berdampingan dengan penyakit baru ini," kata Iris.

Baca juga: Pemerintah Optimis Covid-19 Akan Berstatus Endemi, Ini 3 Tahap Persiapannya

Menurut Iris, terobosan baru ini penting, terlebih lagi kita harus mewaspadai adanya potensi terjadinya gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Indonesia menjelang libur panjang natal dan tahun baru (nataru) di penghujung tahun 2021 dan awal tahun 2022.

Salah satu terobosan baru yang dimaksudkan oleh Iris adalah obat ataupun suplemen, yang bisa membantu individu mencegah infeksi Covid-19 ataupun mempercepat penyembuhan pasien yang terinfeksi.

Dalam kesempatan tersebut, Iris menjelaskan ada salah satu terobosan yang sedang dalam uji klinis untuk menangani persoalan infeksi Covid-19 yang terjadi.

Hal ini disesuaikan dengan cara virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 itu menginfeksi pasien yang terjadi selama ini.

Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut soal suplemen yang sedang dalam uji klinis tersebut, Iris mengatakan, masyarakat perlu mengetahui lebih dulu apa yang terjadi dan bagaimana virus corona menginfeksi tubuh.

Proses awal infeksi virus corona

Ikatan antara Angiotensin Converting Enzyme 2 (ACE2 reseptor) dengan virus corona pada mukosa sel diaktifkan oleh Trans Membran Protease Serin 2  (TMPRSS2), sebelum masuk ke dalam sel.

Setelah masuk ke dalam sel, virus corona akan bereplikasi dengan peran Main Protease (MPRO) atau disebut juga 3CLpro (3 Chymotripsin Like Protease).

"TMPRSS2 dan reseptor ACE2 merupakan gerbang masuknya virus corona ke dalam sel manusia," jelasnya.

Baca juga: Peranan Pangan Probiotik sebagai Immunomodulator untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com