Kompas.com - 26/10/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/RUKSUTAKARN studioIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Ahli meyakinkan, bahwa terobosan baru memang akan bisa membantu masyarakat hidup berdampingan dengan Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Ahli Alergi dan Imunologi, Prof Dr dr Iris Rengganis Sp.PD-KAI dalam diskusi daring bertajuk 'Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Bertahan dengan Cara Sekarang atau Ada Terobosan Perubahan?', Sabtu (23/10/2021).

"Teorbosan baru jelas akan menekan angka pandemi Covid-19, dan membantu kita hidup berdampingan dengan penyakit baru ini," kata Iris.

Baca juga: Pemerintah Optimis Covid-19 Akan Berstatus Endemi, Ini 3 Tahap Persiapannya

Menurut Iris, terobosan baru ini penting, terlebih lagi kita harus mewaspadai adanya potensi terjadinya gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Indonesia menjelang libur panjang natal dan tahun baru (nataru) di penghujung tahun 2021 dan awal tahun 2022.

Salah satu terobosan baru yang dimaksudkan oleh Iris adalah obat ataupun suplemen, yang bisa membantu individu mencegah infeksi Covid-19 ataupun mempercepat penyembuhan pasien yang terinfeksi.

Dalam kesempatan tersebut, Iris menjelaskan ada salah satu terobosan yang sedang dalam uji klinis untuk menangani persoalan infeksi Covid-19 yang terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini disesuaikan dengan cara virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 itu menginfeksi pasien yang terjadi selama ini.

Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut soal suplemen yang sedang dalam uji klinis tersebut, Iris mengatakan, masyarakat perlu mengetahui lebih dulu apa yang terjadi dan bagaimana virus corona menginfeksi tubuh.

Proses awal infeksi virus corona

Ikatan antara Angiotensin Converting Enzyme 2 (ACE2 reseptor) dengan virus corona pada mukosa sel diaktifkan oleh Trans Membran Protease Serin 2  (TMPRSS2), sebelum masuk ke dalam sel.

Setelah masuk ke dalam sel, virus corona akan bereplikasi dengan peran Main Protease (MPRO) atau disebut juga 3CLpro (3 Chymotripsin Like Protease).

"TMPRSS2 dan reseptor ACE2 merupakan gerbang masuknya virus corona ke dalam sel manusia," jelasnya.

Baca juga: Peranan Pangan Probiotik sebagai Immunomodulator untuk Mencegah Infeksi Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.