Kompas.com - 23/10/2021, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapan jika dinosaurus awal telah hidup berkelompok dalam kawanan sejak 192 juta tahun lalu.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti menemukan sebuah sarang dinosaurus di Patagonia, Argentina.

Sarang itu menyimpan lebih dari 100 fosil telur dan tulang 80 dinosaurus Mussaurus patagonicus mulai dari kecil hingga dewasa.

Temuan ini adalah bukti tertua yang pernah tercatat bahwa dinosaurus awal hidup berkelompok dalam kawanan, sekaligus menunjukkan bahwa dinosaurus memiliki perilaku sosial komplek dan suka berteman 40 juta lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Sangat jarang menemukan tanda-tanda perilaku yang tersimpan dalam tulang dinosaurus tetapi sekarang kami memiliki struktur perilaku sosial yang kompleks dalam kawanan," kata Diego Pol, pemimpin peneliti dan ahli paleontologi di Museo Paleontológico Egidio Feruglio and the National Scientific and Technical Research Council di Argentina.

Mengutip Science Alert, Jumat (22/10/2021) Pol dan rekan-rekannya telah menghabiskan sebagian waktu mereka untuk menggali singkapan yang relatif kecil, yakni 1 kilometer persegi di formasi Laguna Colorada di Patagonia selatan.