Kompas.com - 23/10/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi Mussaurus patagonicus bersama anak-anaknya di sarang. Studi pada lusinan fosil dinosaurus ini menunjukkan bahwa dinosaurus awal hidup berkelompok.
Jorge Gonzalez vi SCIENCE ALERTIlustrasi Mussaurus patagonicus bersama anak-anaknya di sarang. Studi pada lusinan fosil dinosaurus ini menunjukkan bahwa dinosaurus awal hidup berkelompok.


KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapan jika dinosaurus awal telah hidup berkelompok dalam kawanan sejak 192 juta tahun lalu.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti menemukan sebuah sarang dinosaurus di Patagonia, Argentina.

Sarang itu menyimpan lebih dari 100 fosil telur dan tulang 80 dinosaurus Mussaurus patagonicus mulai dari kecil hingga dewasa.

Temuan ini adalah bukti tertua yang pernah tercatat bahwa dinosaurus awal hidup berkelompok dalam kawanan, sekaligus menunjukkan bahwa dinosaurus memiliki perilaku sosial komplek dan suka berteman 40 juta lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Sangat jarang menemukan tanda-tanda perilaku yang tersimpan dalam tulang dinosaurus tetapi sekarang kami memiliki struktur perilaku sosial yang kompleks dalam kawanan," kata Diego Pol, pemimpin peneliti dan ahli paleontologi di Museo Paleontológico Egidio Feruglio and the National Scientific and Technical Research Council di Argentina.

Mengutip Science Alert, Jumat (22/10/2021) Pol dan rekan-rekannya telah menghabiskan sebagian waktu mereka untuk menggali singkapan yang relatif kecil, yakni 1 kilometer persegi di formasi Laguna Colorada di Patagonia selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Aneh, Ditemukan Fosil Dinosaurus Karnivora Mirip Banteng

 

Formasi tersebut diketahui mengandung fosil Mussaurus patagonicus. Tim kemudian memang menemukan lebih dari 100 telur dan lusinan fosil dinosaurus dari Mussaurus patagonicus yang terdiri dari enam tahap awal kehidupan yang berbeda mulai dari embrio hingga dewasa.

Namun dalam penelitian terbarunya ini, Pol akhirnya memiliki cukup bukti untuk menunjukkan bahwa Mussaurus patagonicus hidup dalam kawanan.

Tim berhipotesis bahwa kehidupan kawanan di mulai ketika dinosaurus yang masuk dalam kelompok sauropodomorpha, sekelompok dinosaurus herbivora berleher panjang, ini bertransisi dari dinosaurus kecil menjadi raksasa.

M.patagonicus tumbuh dari telur seukuran ayam menjadi dewasa hanya dalam beberapa tahun, beratnya pun bisa menjadi 1.505 kilogram.

"Itu adalah saat ketika mereka perlu makan cukup banyak untuk tumbuh tetapi mereka tak memiliki ukuran yang dapat mempertahankan diri dan tak memiliki keahlian dan pengetahuan," jelas Pol.

Jadi, dengan hidup dalam kawanan atau berkelompok akan melindungi dinosaurus ini selama tahap kehidupan yang sangat rentan dan rapuh tersebut.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.