Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Dalam cuplikan video di laman Instagram Stroy yang diunggah Andien Aisyah, penyanyi ini menceritakan pengalamannya menjalin hubungan beracun atau toxic relationship.

Secara blak-blakkan, Andien saat menjadi tamu di acara YouTube Merry Riana, ia menceritakan pengalaman toxic relationship yang pernah dialaminya saat duduk di bangku kuliah.

Dikutip Kompas.com, Jumat (22/10/2021) dari video perbincangan Andien di YouTube Merry Riana, Andien mengungkapkan saat itu ia menjalin hubungan dengan seorang pria.

"Toxic relationship itu mulanya waktu kuliah, sempat pacaran dengan seseorang yang cool. Mukul itu enggak cuma sekali doang, jadi itu (perilaku) abusive. Jadi kalau nggak dipukul, pernah dibeset pisau, dicakarlah dan segala macem," ungkap Andien dalam video YouTube Merry Riana.

Lantas, apa itu toxic relationship?

Toxic relationship adalah hubungan beracun yang disalahgunakan dan menimbulkan akibat yang kurang menyenangkan secara emosional, sosial, fisik dan seksual.

Baca juga: Ketahui Cara Menjaga Jantung yang Baik dengan Andien dan Dokter Sebastian

 

Toxic relationship dialami Andien Aisyah merupakan hubungan beracun yang dikenal juga dengan relationship abuse.

Hal itu disampaikan Prof. Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D, psikolog dan Ketua Health Promoting University UGM & Guru Besar FKKMK UGM, seperti dikutip Kompas.com dari kabar fakultas di situs milik Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Hubungan beracun kadang tidak disadari baik dalam berteman, berelasi (bila telah bekerja) dan berpacaran tidak sehat," kata Yayi.

Lebih lanjut Yayi mengatakan bahwa toxic relationship atau hubungan beracun tidak hanya untuk suami istri dan berpacaran.

"Hubungan ini hanya menguntungkan satu pihak, merugikan diri sendiri dan bisa merugikan orang lain (kalau kita sebagai pelaku),” imbuhnya.

Yayi mengungkapkan bahwa menurut Catatan Tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan tahun 2019, menunjukkan, ada 13.568 kasus kekerasan. Sebagian besar di antaranya, atau sekitar 2.037 kasus kekerasan dalam hubungan berpacaran.

Klasifikasi pola toxic relatioship

Toxic relationship yang dialami penyanyi Andien Aisyah, ternyata tak hanya dialaminya sekali. Dia juga mengungkapkan bahwa hubungan beracun itu sempat dialaminya beberapa kali.

Baca juga: Mulut Diplester Andien hingga Cuci Usus Syahrini, Artis Indonesia dan Kontroversinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com