Kompas.com - 17/10/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi pemeriksaan AMD. AMD adalah penyakit mata yang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah dan perkembangannya bisa diperlambat. SHUTTERSTOCK/Image Point FrIlustrasi pemeriksaan AMD. AMD adalah penyakit mata yang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah dan perkembangannya bisa diperlambat.

KOMPAS.com - Kendati tidak bisa disembuhkan, ternyata terdapat beberapa pengobatan yang mampu memperlambat perkembangan dan meringankan gejala penyakit mata age-related macula degeneration (AMD).

AMD atau disebut juga dengan degenerasi makula, adalah penyakit mata akibat kerusakan pada makula lutea yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Penyakit ini dapat diperparah karena faktor usia.

Adapun jenis AMD terbagi menjadi 2, yaitu AMD tipe kering dan AMD tipe basah.

Baca juga: Apa Itu AMD, Penyakit Bagian Mata Belakang yang Kurang Diperhatikan? 

Pengobatan AMD tipe kering

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang terbukti efektif untuk AMD tipe kering.

Kendati demikian, terdapat beberapa bukti sumplemen vitamin antioksidan yang dapat menghambat keparahan kondisi penyakit dan penglihatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), Dokter Spesialis Mata Konsultan RSCM dalam webinar bertajuk Pentingnya Deteksi Dini dan Pengobatan Pasien AMD Berkelanjutan di Masa Pandemi Covid-19 oleh PERDAMI, Kamis (14/10/2021).

Penjelasan tersebut juga didukung oleh dua penelitian besar Age-Related Eye Disease Studies (AREDS/AREDS2), yang mengungkapkan bahwa nutrisi seperti vitamin C dan D, tembaga dan seng dapat memperlambat perkembangan AMD kering tahap awal dan menengah menjadi AMD basah, melansir Healthline.

Para peneliti dalam studi AREDS menemukan bahwa pasien yang diobati dengan kombinasi antioksidan, seng, dan tembaga, mendapatkan pengurangan risiko pengembangan AMD lanjut sebesar 25 persen.

Selain itu, perubahan gaya hidup, seperti berolahraga secara teratur, mempertahankan berat badan, makan makanan bergizi, mengelola tekanan darah dan kolesterol hingga menghindari rokok, juga mampu melindungi penglihatan.

Pengobatan AMD tipe basah

Sementara untuk pengobatan standar AMD tipe basah adalah dengan menggunakan obat anti-VEGF.  

VEGF adalah vascular endothelial growth factor. Pengobatan anti-VEGF ini dilakukan dengan suntikan menggunakan jarum tipis dan pendek, yang disuntikkan kira-kira 3 - 4 milimeter dari kornea.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.