Kompas.com - 17/10/2021, 09:02 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains akhir pekan, Sabtu (16/10/2021) hingga Minggu (17/10/2021) pagi. Mulai dari penyebab sungai meluap yang menewaskan 11 siswa di Ciamis, hingga penyebab cuaca panas akhir-akhir ini. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains akhir pekan, Sabtu (16/10/2021) hingga Minggu (17/10/2021) pagi. Mulai dari penyebab sungai meluap yang menewaskan 11 siswa di Ciamis, hingga penyebab cuaca panas akhir-akhir ini.

KOMPAS.com - 11 orang siswa MTs Harapan Baru Cijantung dilaporkan tewas saat melakukan aktivitas susur Sungai Ciamis, Jawa Barat.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan bahwa 11 siswa tersebut meninggal setelah terbawa arus yang tiba-tiba meluap.

Apa yang menyebabkan sungai meluap pun dijelaskan oleh pakar hidrologi UGM. Dan ini menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com akhir pekan.

Berita populer lainnya penjelasan BMKG kenapa akhir-akhir ini suhu udara panas, 6 fakta gempa Karangasem Bali, hingga ilmuwan Harvard yang menyebut bahwa penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Sabtu (16/10/2021) hingga Minggu (17/10/2021) pagi.

Penyebab sungai meluap

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, dari keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, 11 siswa itu meninggal setelah terbawa arus yang tiba-tiba meluap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kata Herdiat, air di sungai itu relatif tenang. Namun, pada Jumat siang tiba-tiba ada arus kuat dari hulu ke muara sungai dan menyeret seluruh korban hingga tewas tenggelam.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai," kata Herdiat di lokasi kejadian, Jumat (15/10/2021) malam.

Peristiwa ini mungkin membuat bingung, bagaimana bisa air yang tadinya tenang tiba-tiba meluap dan menyeret belasan siswa tersebut?

Mengenai peristiwa sungai meluap tiba-tiba ini, pakar hidrologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Pramono Hadi pun turut menjelaskan bahwa kondisi arus sungai memang bisa saja tiba-tiba meluap atau banjir bandang.

Hal ini tergantung berada di mana arus sungai, dan karakteristik wilayahnya.

Seperti peristiwa yang dialami oleh 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis Cijantung tewas tenggelam saat susur sungai ini, mereka sedang menelusuri Sungai Cileueur, di mana sungai ini merupakan hulu Sungai Citandui.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.