Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2021, 09:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - 11 orang siswa MTs Harapan Baru Cijantung dilaporkan tewas saat melakukan aktivitas susur Sungai Ciamis, Jawa Barat.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan bahwa 11 siswa tersebut meninggal setelah terbawa arus yang tiba-tiba meluap.

Apa yang menyebabkan sungai meluap pun dijelaskan oleh pakar hidrologi UGM. Dan ini menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com akhir pekan.

Berita populer lainnya penjelasan BMKG kenapa akhir-akhir ini suhu udara panas, 6 fakta gempa Karangasem Bali, hingga ilmuwan Harvard yang menyebut bahwa penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Sabtu (16/10/2021) hingga Minggu (17/10/2021) pagi.

Penyebab sungai meluap

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, dari keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, 11 siswa itu meninggal setelah terbawa arus yang tiba-tiba meluap.

Kata Herdiat, air di sungai itu relatif tenang. Namun, pada Jumat siang tiba-tiba ada arus kuat dari hulu ke muara sungai dan menyeret seluruh korban hingga tewas tenggelam.

"Memang kondisi airnya itu tenang, diduga 11 orang pelajar ini terbawa arus yang kuat dan menuju muara sungai," kata Herdiat di lokasi kejadian, Jumat (15/10/2021) malam.

Peristiwa ini mungkin membuat bingung, bagaimana bisa air yang tadinya tenang tiba-tiba meluap dan menyeret belasan siswa tersebut?

Mengenai peristiwa sungai meluap tiba-tiba ini, pakar hidrologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Pramono Hadi pun turut menjelaskan bahwa kondisi arus sungai memang bisa saja tiba-tiba meluap atau banjir bandang.

Hal ini tergantung berada di mana arus sungai, dan karakteristik wilayahnya.

Seperti peristiwa yang dialami oleh 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis Cijantung tewas tenggelam saat susur sungai ini, mereka sedang menelusuri Sungai Cileueur, di mana sungai ini merupakan hulu Sungai Citandui.

"Kejadian banjir (bandang) yang menyebabkan korban jiwa dipicu adanya hujan deras di hulu. Sungai ini merupakan hulu Sungai Citandui," kata Pramono kepada Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Selengkapnya baca di sini:

Siswa MTs Harapan Baru Ciamis Tenggelam saat Susur Sungai, Ini Penyebab Sungai Meluap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com