Kompas.com - 17/10/2021, 13:02 WIB
Astronot Inggris Tim Peake melakukan setidaknya 250 eksperimen ilmiah untuk Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA) dan mitra-mitra lain internasional. ESA/NASAAstronot Inggris Tim Peake melakukan setidaknya 250 eksperimen ilmiah untuk Badan Ruang Angkasa Eropa (ESA) dan mitra-mitra lain internasional.

KOMPAS.com - Sering bersendawa? Mungkin karena sering dan dianggap biasa, kita tidak menaruh perhatian.

Tapi, jika kita seadainya berada di ruang angkasa, apakah kita akan tetap bisa bersendawa seperti di Bumi?

Jawabannya ternyata tidak, menurut astronaut Inggris, Tim Peake, yang berada di Stasiun Ruang Angkasa (ISS) selama 186 hari.

"Tapi penjelasannya sebenarnya seperti ini ... Anda tetap bisa bersendawa, tapi Anda tidak perlu harus bersendawa," kata Peake, saat menjawab pertanyaan di seputar hidup di ruang angkasa dari para siswa di Inggris.

Baca juga: [FOTO] Astronot Potret Fenomena Langka Petir Biru dari ISS

Peake menjelaskan di Bumi gelembung-gelembung udara naik ke atas, sementara air di tempat gelembung udara itu berada tidak ke mana-mana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi kalau misalnya kita minum air bersoda dan ada gelembung-gelembung udara di perut kita, maka gelembung udara ini akan naik. Dan kemudian kita bersendawa.

Proses ini terjadi karena ada gravitasi: semua yang punya densitas lebih rendah akan naik, dan yang punya densitas lebih tinggi akan berada di bawah.

Ketika gravitasi nol dan saat dalam keadaan tanpa bobot, seperti yang terjadi di ruang angkasa, gelembung-gelembung udara akan bergerak ke segala arah.

Di ruang angkasa, ketika tablet bersoda dimasukkan ke dalam air di mangkuk, gelembung udara bergerak ke mana saja.

"Jadi gelembung udara [yang ada di perut kita] tidak bergerak ke atas ketika kita berada di ruang angkasa, yang membuat kita tidak bersendawa sesering saat kita berada di Bumi," urai Peake.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.