Kompas.com - 14/10/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Thomas Pesquet, astronot Badan Antariksa Eropa (ESA), membagikan foto menakjubkan Bumi pada malam hari yang diambil saat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bukan sembarang foto, Pesquet berhasil mengabadikan fenomena petir biru yang langka ketika ISS terbang di atas Italia.

Ini termasuk transient luminous event (TLE) atau petir atmosfer, istilah yang digunakan peneliti untuk merujuk pada fenomena petir berumur pendek yang terjadi jauh di atas ketinggian petir normal dan awan badai.

Baca juga: Foto Memukau Merkurius Diabadikan Pesawat Ruang Angkasa Eropa dan Jepang

Ada banyak jenis pencahayaan TLE petir atmosfer yang berwarna-warni.

Dilansir dari IFL Science, Senin (11/10/2021), berdasarkan warna yang satu ini, peristiwa itu mungkin berupa jet biru (blue jet) atau kilatan biru yang langka.

Pelepasan listrik seperti kilat ini memancar dari puncak awan guntur hingga 50 kilometer ke stratosfer dan berlangsung hanya beberapa milidetik.

Mereka biasanya sulit dilihat dari Bumi, karena awan badai dan atmosfer kita menghalangi.

Namun, ISS dilengkapi dengan Atmosphere-Space Interactions Monitor (ASIM), yang mampu melaporkan peristiwa petir paling aneh yang terjadi jauh di atas awan.

Ini telah melihat beberapa peristiwa luar biasa selama bertahun-tahun.

“Ini adalah kejadian yang sangat langka dan kami memiliki fasilitas di luar laboratorium Columbus Eropa yang didedikasikan untuk mengamati kilatan cahaya. Stasiun Luar Angkasa sangat cocok untuk observatorium ini karena terbang di atas khatulistiwa di mana ada lebih banyak badai petir,” tulis Pesquet dalam keterangan foto.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.