Kompas.com - 17/10/2021, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Temuan fosil rahang menjadi bukti bahwa anjing peliharaan sudah hidup di Amerika Tengah sejak 12.000 tahun yang lalu.

Anjing-anjing tersebut bersama tuannya menurut sebuah studi berpotensi hidup berdampingan dengan hewan raksasa.

Mengutip Science Alert, Sabtu (16/10/2021) dalam sebuah penggalian yang dimulai pada 1990-an peneliti menemukan berbagai macam sisa-sisa dari kuda raksasa, glyptodon (armadillo besar), mastodon (leluhur gajah modern), serta sepotong rahang yang awalnya dianggap sebagai tengkorak coyote.

Baca juga: Catatan Genetik Ungkap Anjing Sangat Berharga untuk Masyarakat Kuno

Tetapi temuan sepotong rahang itu rupanya membuat penasaran para peneliti.

"Kami pikir sangat aneh ada coyote di periode Pleistosen atau sekitar 12.000 tahun yang lalu karena mereka baru tiba di Kosta RIka pada abad ke-10," kata Guillermo Vargas, peneliti dalam studi ini kepada AFP.

Peneliti pun mulai berpikir jika tulang rahang itu mungkin berasal dari seekor anjing.

"Jadi kami mencari, memindainya dan menunjukkan bahwa itu adalah anjing yang hidup dengan manusia 12.000 tahun yang lalu di Kosta Rika," ungkap Vargas.

Coyote sendiri merupakan kerabat anjing domestik, meski memiliki rahang yang berbeda dan gigi yang lebih runcing. Sementara pada tulang rahang yang ditemukan, peneliti tak menemukan ciri tersebut.

Manusia diyakini telah beremigrasi ke Amerika melintasi Selat Bering dari Siberia ke Alaska selama zaman es besar terakhir. Dan kehadiran anjing merupakan tanda bahwa manusia juga tinggal di suatu tempat itu.

"Anjing peliharaan pertama memasuki benua itu sekitar 15.000 tahun yang lalu, produk dari orang Asia yang bermigrasi melintasi Selat Bering," kata Raul Valadez, ahli biologi dan arkeolog dari National Autonomous University of Mexico.