Kompas.com - 17/10/2021, 12:29 WIB
Ilustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini. SHUTTERSTOCK/oasisamuelIlustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini.

KOMPAS.com - Pemberian vaksin booster untuk tenaga kesehatan telah diberikan. Namun, ada isu bahwa pemberian vaksin booster dan vaksin dosis ketiga mungkin diperlukan untuk masyarakat umum.

Banyak yang mengira dosis ketiga adalah vaksin booster. Padahal vaksin booster itu berbeda dengan vaksin dosis ketiga.

Apa itu vaksin booster?

Dua dosis vaksin saat ini dianggap sebagai dosis utama vaksin. Dosis utama vaksin diberikan untuk membangun sistem imun agar siap menghadapi patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan vaksin booster adalah vaksin tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya. Ini akan memberikan perlindungan yang lebih optimal pada risiko masuknya patogen.

Untuk vaksin Covid-19, saat ini dosis utama vaksin adalah dua kali suntikan. Dua dosis tersebut sudah cukup untuk melindungi masyarakat umum dari infeksi parah Covid-19.

Namun, antibodi yang terbentuk dari kedua dosis tersebut, mungkin saja menurun dan membutuhkan vaksin booster. Saat ini berbagai penelitian masih terus dilakukan apakah vaksin booster untuk masyarakat umum diperlukan atau tidak.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan, vaksin booster diperlukan karena mereka menjadi garda terdepan yang terpapar virus Covid-19 setiap harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: WHO: Booster Vaksin Covid-19 untuk Orang dengan Gangguan Sistem Kekebalan dan Lansia

Apa itu vaksin dosis ketiga?

Vaksin dosis ketiga adalah vaksin yang harus diterima dan dianggap sebagai bagian dari dosis utama vaksin. Sasaran vaksin dosis ketiga ini hanya diperuntukkan untuk segelintir orang.

Contoh orang yang harus menerima vaksin dosis ketiga adalah orang yang mengalami immunocompromised. Orang dengan immunocompromised tidak bisa membentuk antibodi sebaik orang yang sehat.

Oleh karena itu, vaksin dosis ketiga diperlukan untuk memastikan mereka memiliki antibodi yang cukup untuk melindunginya dari Covid-19.

Siapa yang memerlukan vaksin booster dan vaksin dosis ketiga?

Berdasarkan rekomendasi dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah rekomendasi individu yang perlu menerima vaksin booster:

  • Tenaga kesehatan
  • Orang tua 65 tahun ke atas
  • Orang tua dan dewasa dengan penyakit penyerta
  • Pekerja publik yang berisiko tinggi terpapar Covid-19

Sedangkan individu yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga adalah individu dengan kriteria sebagai berikut:

  • Sedang menerima perawatan kanker
  • Sedang perawatan dengan obat-obatan imunosupresif, seperti kortikosteroid
  • Memiliki penyakit immunodeficiency
  • Penderita HIV.

Namun perlu diketahui saat ini belum ada panduan resmi untuk penatalaksanaan dosis ketiga dan vaksin booster selain untuk tenaga kesehatan. Hal ini dikarenakan beberapa jenis vaksin masih melakukan penelitian dan pengajuan ijin guna untuk kedua jenis vaksin tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.