Macam-macam Alat Pengukur Panjang

27/09/2021, 13:29 WIB

KOMPAS.com - Terdapat berbagai jenis alat pengukur panjang. Masing-masing macam alat pengukur panjang memiliki fungsi dan kemampuannya sendiri.

Macam-macam alat pengukur panjang

1. Mistar

Mistar disebut juga penggaris. Mistar bisa digunakan untuk mengukur benda dengan kepanjangan sedang. Ketelitian mistar ini adalah 1 milimeter.

2. Meteran

Meteran biasa digunakan untuk mengukur panjang pada bangunan. Alat pengukur panjang satu ini lebih panjang dari mistar dan memiliki ketelitian yang lebih kecil. Ketelitian meteran mencapai 0,5 milimeter.

3. Jangka sorong

Alat yang dapat digunakan untuk mengukur ketebalan pelat seng adalah jangka sorong. Jangka sorong digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang tipis, panjang atau dimensi benda yang kecil.

Jangka sorong memiliki dua bagian, yaitu bagian yang tetap sebagai skala ukur dan bagian yang dapat digeser-geser untuk menyesuaikan dengan panjang benda. Ketelitian jangka sorong adalah 0,1 milimeter.

Baca juga: Fisikawan Ini Ciptakan Teknologi Satelit Pengukur Cadangan Air Dunia

4. Mikrometer sekrup

Alat yang dapat digunakan untuk mengukur ketebalan kertas adalah mikrometer sekrup. Alat pengukur panjang satu ini digunakan untuk mengukur panjang seperti jangka sorong.

Perbedaannya adalah ketelitiannya. Ketelitian pengukuran menggunakan mikrometer sekrup mencapai 0,01 milimeter.

Mikrometer terdiri dari tiga bagian:

  • Selubung utama: berfungsi sebagai tempat skala utama untuk menunjukkan hasil pengukuran. Bagian ini tidak dapat di geser-geser.
  • Selubung luar: fungsinya sebagai skala nonius dan dapat diputar dan digerakkan untuk menggerakkan selubung ulir.
  • Selubung ulir: fungsinya sebagai bagian yang digerakkan untuk menyesuaikan benda yang diukur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.