Kompas.com - 05/10/2022, 18:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Anemometer adalah alat untuk mengukur kecepatan angin dan tekanan angin. 

Anemometer merupakan alat penting bagi ahli meteorologi yang mempelajari pola cuaca. 

Jenis anemometer yang paling umum memiliki tiga atau empat cangkir yang menempel pada lengan horizontal yang melekat pada batang vertikal. 

Saat angin bertiup, cangkir akan berputar dan membuat batang berputar. Semakin kuat angin bertiup, makan semakin cepat tongkat berputar.

Kegunaan anemometer

Dilansir dari National Geographic, anemometer digunakan di hampir semua stasiun cuaca. Kecepatan angin membantu menunjukkan perubahan pola cuaca.

Baca juga: Bagaimana Proses Terjadinya Angin?

Insinyur dan fisikawan dirgantara kerap menggunakan anemometer laser. Jenis anemometer ini digunakan dalam percobaan kecepatan. 

Biasanya, anemometer laser digunakan untuk menghitung kecepatan angin di sekitar mobil, pesawat terbang, dan pesawat ruang angkasa, misalnya.

Proses terjadinya angin

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu wilayah.

Kondisi tersebut berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang di terima oleh permukaan Bumi. 

Pada suatu wilayah, daerah yang menerima energi panas matahari lebih besar memiliki suhu udara yang lebih panas dengan tekanan udara yang cenderung lebih rendah. 

Baca juga: Jenis-jenis Angin serta Pengertian dan Proses Pembentukannya

Oleh sebab itu, terjadi perbedaan suhu dan tekanan udara antara daerah yang menerima energi panas lebih besar dengan daerah lain yang lebih sedikit menerima energi panas sehingga terbentuk aliran udara pada wilayah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.