Kompas.com - 21/09/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi Asteroid 2021 PH27. Asteroid baru yang ditemukan Agustus 2021 lalu. ShutterstockIlustrasi Asteroid 2021 PH27. Asteroid baru yang ditemukan Agustus 2021 lalu.

KOMPAS.com - Ilmuwan menyebutkan, ada asteorid yang memiliki periode orbit tercepat di tata surya. Asteroid tersebut adalah 2021 PH27.

Asteroid 2021 PH27 adalah asteroid yang pertama kali ditemukan pada 13 Agustus 2021.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa BRIN, Andi Pangerang dalam keterangan tertulisnya mengatakan, astreoid ini termasuk dalam keluarga asteroid Atira, yaitu asteroid yang orbitnya berada di dalam orbit Bumi

Baca juga: Jangan Lewatkan 4 Fenomena Langit Hari Ini, Ada Asteroid 2021 AF8 Lewat Dekat Bumi

Keluarga asteroid Atira juga disebut sebagai Objek Dalam Orbit Bumi atau Interior Earth Object.

Penyebutan itu dikarenakan jarak aphelion atau titik terjauh objek terhadap Matahari asteroid lebih kecil, dibandingkan jarak aphelion Bumi dengan jarak 0.983 sa atau 147,1 juta km.

Asteroid 2021 PH27 memiliki jarak aphelion sebesar 117.983.472 km, sedangkan jarak perihelion titik terdekat objek terhadap matahari, yaitu 20.067.388 kilometer.

Berdasarkan dari data JPL Small-Body Database Browser (SBDB) NASA mengungkap, asteroid 2021 PH27 mengorbitkan Matahari dengan periode yang lebih kecil atau cepat dibandingkan dengan objek manapun, kecuali Planet Merkurius.

Asteroid 2021 PH27 mengorbit Matahari dengan kemiringan orbit sebesar 31,66 derajat terhadap ekliptika.

"Asteroid 2021 PH27 mengorbit Matahari selama 114,48 hari; lebih kecil dibandingkan objek manapun yang mengorbit Matahari di tata surya kita, tetapi masih lebih besar dibandingkan dengan Merkurius yang mengorbit Matahari selama 88 hari,"  jelasnya.

Untuk diketahui, Merkurius pada dasarnya akan mengorbit Matahari selama 88 hari, atau dalam 1 tahun Bumi. Sehingga, Merkurius mengorbit Matahari sebanyak empat kali dalam setahun.