Kompas.com - 21/09/2021, 18:31 WIB
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan, freepikPenyakit yang mengganggu sistem pencernaan,

KOMPAS.com - Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan sangat banyak macamnya. Ada yang penyakit yang disebabkan infeksi dan noninfeksi.

Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan bisa mengganggu keseharian Anda karena setiap hari kita terus melakukan pencernaan makanan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga organ pencernaan.

Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan

1. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Ini merupakan penyakit ketika asam lambung naik hingga ke tenggorokan. Ini bisa menyebabkan sensasi terbakar, rasa tidak nyaman di area dada, serta perut bergas. Jika tidak dikontrol, asam lambung tersebut bisa melukai esofagus.

GERD merupakan penyakit kronis. Untuk mengatasinya, tidak bisa hanya dengan obat-obatan. Pasien GERD harus melakukan perubahan gaya hidup, seperti menghindari makan dua jam sebelum tidur dan menghindari stres.

2. Diare

Diare biasanya disebabkan memakan makanan yang terinfeksi. Pasien diare akan mengalami buang air besar beberapa kali sehari dengan konsistensi yang lebih encer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasien perlu menjaga asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Umumnya, diare akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, jika diare terjadi terus menerus selama berminggu-minggu, sebaiknya pasien segera ke dokter.

Baca juga: Ketahui Penyebab Diare pada Anak dan Cara Mengobatinya

3. Konstipasi

Kebalikan dari diare, pasien yang mengalami konstipasi justru kesulitan untuk buang air besar. Seseorang bisa dikatakan mengalami konstipasi jika hanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, selama tiga minggu berturut-turut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.