Kompas.com - 21/09/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi sistem gerak manusia. Rangka atau kerangka termasuk dalam sistem gerak manusia. FREEPIK/KJPARGETERIlustrasi sistem gerak manusia. Rangka atau kerangka termasuk dalam sistem gerak manusia.

KOMPAS.com - Penyakit yang sering terjadi pada rangka tubuh manusia bisa mengganggu keseharian manusia. Menjaga kesehatan rangka agar tetap bisa lancar beraktivitas sangat penting.

Ketahui beberapa jenis penyakit yang sering terjadi pada rangka tubuh manusia agar tahu cara mencegahnya.

Penyakit yang sering terjadi pada rangka tubuh manusia

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang sering dikaitkan dengan bertambahnya usia. Osteoporosis adalah penyakit berkurangnya kepadatan tulang.

Pasien yang terkena penyakit ini biasanya mudah mengalami patah tulang walau hanya melakukan gerakan yang sederhana. Contohnya, batuk atau bersin.

Penyakit ini jarang menunjukkan gejala hingga akhirnya terjadi patah tulang spontan, seperti contoh di atas. Penyakit ini paling banyak menyerang tulang belakang dan tulang pinggul.

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Osteoarthritis

Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang sendi karena rusaknya tulang rawan sendi. Gejala umum yang mungkin timbul adalah sakit pada persendian dan kaku ketika digerakkan.

Gejala awalnya hanya muncul ketika selesai berolahraga atau melakukan kegiatan yang sama dalam waktu yang lama. Namun, seiring berjalannya waktu, gejala menjadi permanen dan terasa terus menerus.

Persendian yang sering terkena penyakit ini adalah sendi jari, leher, punggung bawah, pinggul, dan lutut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.