Kompas.com - 21/09/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi terumbu karang. Ancaman kerusakan terumbu karang tak hanya berasal dari perubahan iklim, tetapi juga limpasan sedimen yang larut. Upaya menyelamatkan ekosistem penting di laut ini dapat dilakukan dengan reboisasi pesisir pantai. ShutterstockIlustrasi terumbu karang. Ancaman kerusakan terumbu karang tak hanya berasal dari perubahan iklim, tetapi juga limpasan sedimen yang larut. Upaya menyelamatkan ekosistem penting di laut ini dapat dilakukan dengan reboisasi pesisir pantai.

KOMPAS.com - Terumbu karang merupakan sekelompok hewan dari ordo Scleractinia, yang bisa diselamatkan dari kerusakan melalui reboisasi di daerah pesisir pantai.

Dilansir dari Science Daily, Selasa (21/9/2021), sebuah studi menemukan bahwa reboisasi pesisir dapat berkontribusi untuk mengurangi jumlah limpasan sedimen yang mencapai terumbu karang.

Terumbu karang adalah bagian penting dalam ekosistem laut, yang berpotensi terkena dampak perubahan iklim.

Sedimen merupakan bahan utama pembentuk morfologi pesisir yang berasal dari pecahan batuan karena pelapukan secara fisik, kimiawi atau biologis.

Studi yang telah diunggah di Jurnal Global Change Biology tersebut menganalisis lebih dari 5.500 wilayah pesisir di seluruh dunia.

Dari analisis yang telah dilakukan, mereka mendapatkan hasil bahwa hampir 85 persen limpasan sedimen larut ke terumbu karang.