Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 12:02 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fosil laba-laba yang diperkirakan berusia 99 juta tahun telah ditemukan baru-baru ini. Temuan ini sekaligus ungkap perawatan induk laba-laba pada anak mereka.

Dilansir dari Live Science, Kamis (16/9/2021), fosil yang ditemukan di sebuah desa di Myanmar Utara sebelum tahun 2017 ini merupakan fosil tertua.

Terdapat empat bongkahan ambar, resin atau getah pohon yang menjadi fosil dengan warna yang cantik, yang menjadi perangkap yang mengabadikan beberapa ibu laba-laba bermata besar.

Kemungkinan besar ibu laba-laba sedang menjaga kantung telur dan merawat anak-anak mereka yang sudah menetas ketika terjebak dalam resin pohon yang lengket.

Baca juga: Aneh, Ditemukan Fosil Dinosaurus Karnivora Mirip Banteng

"Sangat menyenangkan memiliki bukti fisik nyata melalui foto-foto kecil dalam catatan fosil," ujar Paul Selden, rekan peneliti studi sekaligus profesor terkemuka emeritus dari Departemen Geologi di University of Kansas.

Dari empat bongkahan ambar, Selden mengatakan yang paling luar biasa adalah bongkahan dengan laba-laba betina besar beserta kantung telur di bawahnya.

Perilaku protektif ibu laba-laba terhadap kantung telur mereka memperlihatkan perawatan induk yang mungkin juga membantu menjaga telur agar tetap hangat.

"Betina memegang kantung telur dengan laba-laba kecil di dalamnya - itulah posisi yang akan Anda temukan laba-laba betina menjaga telur mereka," tambah Selden.

Selain wajah, terdapat kaki tanpa tulang dan trichobothria atau rambut pengindraan yang menunjukkan bahwa mereka adalah keluarga laba-laba Lagonomegopidae, kelompok laba-laba yang sudah punah.

Mereka hidup di belahan bumi utara selama periode kapur atau sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun lalu.

Para peneliti mengatakan, ciri-ciri yang dimiliki oleh Lagonomegopidae termasuk dua mata besar di kepala, mirip seperti laba-laba lompat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com