Kompas.com - 16/09/2021, 12:02 WIB
Seekor laba-laba betina dari keluarga Lagonomegopidae yang sekarang sudah punah menjaga kantung telurnya di rongga pohon. Laba-laba ini diperkirakan hidup 99 juta tahun lalu. Dilukis oleh Xiaoran Zuo; Xiangbo Guo, Paul Selden dan Dong Ren; Prosiding Royal Society B 2021Seekor laba-laba betina dari keluarga Lagonomegopidae yang sekarang sudah punah menjaga kantung telurnya di rongga pohon. Laba-laba ini diperkirakan hidup 99 juta tahun lalu.

KOMPAS.com - Fosil laba-laba yang diperkirakan berusia 99 juta tahun telah ditemukan baru-baru ini. Temuan ini sekaligus ungkap perawatan induk laba-laba pada anak mereka.

Dilansir dari Live Science, Kamis (16/9/2021), fosil yang ditemukan di sebuah desa di Myanmar Utara sebelum tahun 2017 ini merupakan fosil tertua.

Terdapat empat bongkahan ambar, resin atau getah pohon yang menjadi fosil dengan warna yang cantik, yang menjadi perangkap yang mengabadikan beberapa ibu laba-laba bermata besar.

Kemungkinan besar ibu laba-laba sedang menjaga kantung telur dan merawat anak-anak mereka yang sudah menetas ketika terjebak dalam resin pohon yang lengket.

Baca juga: Aneh, Ditemukan Fosil Dinosaurus Karnivora Mirip Banteng

"Sangat menyenangkan memiliki bukti fisik nyata melalui foto-foto kecil dalam catatan fosil," ujar Paul Selden, rekan peneliti studi sekaligus profesor terkemuka emeritus dari Departemen Geologi di University of Kansas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari empat bongkahan ambar, Selden mengatakan yang paling luar biasa adalah bongkahan dengan laba-laba betina besar beserta kantung telur di bawahnya.

Perilaku protektif ibu laba-laba terhadap kantung telur mereka memperlihatkan perawatan induk yang mungkin juga membantu menjaga telur agar tetap hangat.

"Betina memegang kantung telur dengan laba-laba kecil di dalamnya - itulah posisi yang akan Anda temukan laba-laba betina menjaga telur mereka," tambah Selden.

Selain wajah, terdapat kaki tanpa tulang dan trichobothria atau rambut pengindraan yang menunjukkan bahwa mereka adalah keluarga laba-laba Lagonomegopidae, kelompok laba-laba yang sudah punah.

Mereka hidup di belahan bumi utara selama periode kapur atau sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun lalu.

Para peneliti mengatakan, ciri-ciri yang dimiliki oleh Lagonomegopidae termasuk dua mata besar di kepala, mirip seperti laba-laba lompat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.