Kompas.com - 16/09/2021, 07:32 WIB
Bacteriophages atau Bakteriofag, yakni virus yang menginfeksi bakteri. Salah satu virus dari Laut Utara di lepas pantai Pulau Helgoland, Jerman, virus ini disebut Peternella. Salah satu virus yang dipelajari peneliti untuk meneliti kehidupan virus laut. Georg Krohne via PHYSBacteriophages atau Bakteriofag, yakni virus yang menginfeksi bakteri. Salah satu virus dari Laut Utara di lepas pantai Pulau Helgoland, Jerman, virus ini disebut Peternella. Salah satu virus yang dipelajari peneliti untuk meneliti kehidupan virus laut.

KOMPAS.com - Sebuah studi baru memberikan wawasan menarik tentang kehidupan virus laut di Laut Utara, di lepas pantai pulau Helgoland, Jerman. Bahkan, dalam studi ini, para peneliti menemukan beberapa spesies virus baru.

Studi ini dipimpin oleh Nina Bartlau dari Max Planck Institute for Marine Microbiology. Ia dan timnya menemukan komunitas virus dinamis yang dapat sangat memengaruhi kematian bakteri Laut Utara.

Dalam penelitian ini pun, mereka juga menemukan dan telah mengisolasi banyak spesies virus baru.

Menurut peneliti, rata-rata dalam ratusan ribu ganggang kecil dan satu miliar bakteri hidup di setiap liter air Laut Utara. Bahkan, seolah jumlah itu belum cukup, ada sekitar 10 miliar virus di setiap liter air dari Laut Utara yang mereka analisis.

Virus-virus ini, terutama menginfeksi bakteri dan memiliki dampak besar, dari beragamnya lingkungan mereka. Misalnya mereka dapat membunuh sel yang terinfeksi dan menyebabkan pembusukan, atau dengan mengubah ekspresi gen atau materi genetik mereka.

"Meskipun penting, virus jarang menjadi fokus penelitian kelautan," kata penulis pertama Nina Bartlau dari Max Planck Institute for Marine Microbiology, seperti dilansir dari Phys, Kamis (16/9/2021).