Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gancet Bisa Sebabkan Pasangan yang Bercinta Meninggal Dunia? Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 09/09/2021, 19:15 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Viral di media sosial perbincangan mengenai pasangan yang berhubungan intim di luar pernikahan, mengalami gancet atau situasi dimana penis tersangkut di vagina.

Selain mengaitkan kejadian tidak lazim tersebut dengan hubungan di luar nikah, ada pula yang meyakini gancet dapat membuat pasangan tersebut meninggal dunia.

Namun, benarkah gancet bisa menyebabkan kematian?

Baca juga: Viral Video Pasangan Alami Gancet, Ketahui Penyebab Medis Penis Tersangkut di Vagina

Gancet adalah salah satu manifestasi dari gangguan vaginismus. Dalam istilah medis, gancet disebut dengan Penis captivus.

Penis captivus (pada laki-laki) merupakan suatu kondisi penis yang terjepit pada vagina, yang bisa terjadi saat otot-otot panggul bawah perempuan berkontraksi sangat kuat atau tertarik ketika penis berada dalam vagina.

Sehingga, secara umum istilah gancet ini merujuk pada kondisi, ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina saat sedang melakukan hubungan intim.

Kontraksi otot tersebut menyebabkan bukaan vagina menyempit, lebih rapat dan membuat laki-laki kesulitan untuk mengeluarkan penisnya, terutama ketika masih ereksi. 

Spesialis Seksolog dan Anti-aging, dr Haekal Anshari M.Biomed (AAM) mengatakan, tidak ada kemungkinan pasangan meninggal akibat gancet.

"Tidak, gancet tidak akan menyebabkan kematian," kata Haekal kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Justru, tambah dia, kematian mendadak saat berhubungan seksual itulah yang dapat menyebabkan pasangan yang sedang melakukan hubungan intim mengalami gancet.

Baca juga: Penyebab dan Pertolongan Pertama Gancet, Penis Tersangkut di Vagina

Hal ini dikarenakan, jika salah satu pasangan mengalami kematian mendadak saat berhubungan seksual, kondisi penis masih terjepit otot-otot dinding vagina yang berkontraksi.

"Kematian mendadak saat berhubungan seksual akan membuat penis yang masih dalam kondisi ereksi menjadi sulit ditarik keluar," jelasnya.

Meski sangat langka, jika hal ini terjadi, pasangan yang mengalami gancet harus segera dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Haekal menekankan, pasangan yang mengalami gancet harus segera dilarikan ke IGD yang memiliki fasilitas kamar tindakan dan pembiusan oleh dokter spesialis anestesi, untuk dilakukan injeksi melemaskan otot-otot vagina yang menegang.

Baca juga: Mengenal Kelainan Genitalia Bawaan pada Penis hingga Buah Zakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com