Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan T-Rex, Ini Dinosaurus Predator Puncak di Rantai Makanan

Kompas.com - 09/09/2021, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 90 juta tahun lalu, predator puncak raksasa - dinosaurus pemakan daging dengan gigi seperti hiu bergerigi - berkeliaran di tempat yang sekarang disebut Uzbekistan.

Hal ini menurut sebuah studi baru tentang tulang rahang raksasa yang telah terbit secara online di jurnal Royal Society Open Science, Rabu (8/9/2021).

Binatang setinggi 8 meter ini memiliki berat sekitar 1.000 kilogram, membuatnya lebih panjang dari gajah Afrika dan lebih berat dari bison.

Para peneliti menamakannya Ulughbegsaurus uzbekistanensis, diambil dari nama Ulugh Beg, astronom, matematikawan, dan sultan abad ke-15 dari tempat yang sekarang disebut Uzbekistan.

Baca juga: Sensor Saraf di Rahang T-rex, Berfungsi Deteksi Mangsa Lebih Baik

Mengalahkan T-rex tapi kemudian punah

Dilansir dari Science Alert, Kamis (9/9/2021), hal yang mengejutkan dari temuan ini adalah dinosaurus U. uzbekistanensis ukurannya dua kali lebih besar dibanding tyrannosaurus atau yang sering dijuluki T-rex.

Padahal seperti kita tahu, T-rex yang tingginya 3,7-6 meter ini dikenal sebagai predator puncak di ekosistemnya.

Potongan tulang rahang U. uzbekistanensis ditemukan di Gurun Kyzylkum Uzbekistan pada 1980-an. Kemudian pada 2019, para peneliti menemukannya kembali dalam koleksi museum Uzbekistan.

Berdasarkan tulang rahang parsial U. uzbekistanensis, peneliti mengetahui bahwa hewan itu adalah carcharodontosaurus, atau dinosaurus bergigi hiu.

Karnivora ini adalah sepupu dan pesaing tyrannosaurus, yang spesiesnya paling terkenal adalah Tyrannosaurus rex (T-rex).

"Kedua kelompok dinosaurus itu cukup mirip, tetapi carcharodontosaurus umumnya lebih ramping dan bertubuh lebih ringan daripada tyrannosaurus yang berbadan besar," kata rekan peneliti studi Darla Zelenitsky, seorang profesor paleobiologi di University of Calgary.

Meski begitu, carcharodontosaurus biasanya lebih besar dari dinosaurus tyrannosaurus, bobotnya bisa lebih dari 6.000 kg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com