Kompas.com - 04/09/2021, 17:03 WIB


KOMPAS.com - Teleskop Hubble menangkap gambar objek luar angkasa yang langka. Foto objek langka itu baru saja dirilis oleh teleskop luar angkasa milik badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA).

Gambar tersebut adalah fenomena yang dikenal sebagai objek Herbig-Haro, yang berhasil diabadikan teleskop Hubble di konstelasi Orion.

Objek yang dikenal sebagai HH-111 ini berjarak sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi.

Jadi, sebenarnya objek apakah Herbig-Haro itu dan mengapa fenomena ini disebut langka?

Dilansir dari ABC, Sabtu (4/9/2021), pada dasarnya fenomena luar angkasa yang tertangkap ini adalah sebuah kelahiran dari sistem bintang di alam semesta, kata astronom Brad Tucker dari Australian National University.

"Di pusat Anda memiliki apa yang kami sebut protobintang, di mana gas dari bintang sebelumnya telah runtuh menjadi bayi bintang baru," jelas Dr Tucker.

Baca juga: Akhirnya, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Selesai Diperbaiki

 

Objek luar angkasa langka yang ditangkap teleskop Hubble itu berputar dengan cepat dan saat melakukannya, ia mengeluarkan aliran gas yang terionisasi dari kutub utara dan selatannya. Gas ini begitu panas, sehingga semua elektronnya terlepas.

Gas tersebut kemudian bergerak keluar melalui awan debu di tempat pembibitan bintang.

Tucker menjelaskan bahwa saat bergerak lebih jauh, ia mulai menyebar dengan cara yang sama seperti saat kita bernapas di pagi yang dingi.

"Saat gas ini menyebar ke daerah tetangga, ia mulai bercampur dan menyebar di daerah tersebut dan mulai menciptakan apa yang kita sebut sebagai bow shock," katanya.

Fenomena itulah yang kemudian tampak pada tepian yang dapat dilihat di ujung bjek objek luar angkasa yang tertangkap teleskop Hubble.

Lantas, mengapa fenomena kelahiran bintang baru ini langka?

Kendati foto terbaru Herbig-Haro ini tampak spektakuler, namun objek-objek luar angkasa, salah satunya yang berhasil ditangkap teleskop Hubble, ternyata sulit dikenali.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Hubble Rusak Hampir Seminggu, Ini Penyebabnya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ABC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.