Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Pemuda, Sejarah Revolusi yang Istimewa di Dunia

Kompas.com - 17/08/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Perjuangan bangsa ini dalam mencapai kemerdekaan, yang kini telah sampai pada usia ke 76 tahun, ada sejarah revolusi yang istimewa di balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan para pemuda.

"Jadi anak-anak muda Indonesia itu, mereka harus menyadari bahwa mereka adalah bagian dari sejarah panjang negara ini," kata sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Apa hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pemuda?

Bondan mengungkapkan bahwa jika dilihat dari sudut pandang peristiwa besar ini, yang menarik adalah anak muda, para pemuda bangsa Indonesia di masa lalu.

Sebut saja para pemuda yang memiliki andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 lalu. Di antaranya, Sukarni, Sayuti Melik, Khairul Saleh hingga Adam Malik.

"Mereka-mereka ini mengambil peran yang sangat strategis di dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia," kata Bondan.

Baca juga: Kisah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Rumah Laksamana Jepang

 

Jika ditilik secara seksama, sejarah panjang dari revolusi Indonesia sudah tampak istimewa jauh sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945, yakni peran para pemuda.

Bondan menyebutkan gerakan-gerakan revolusi yang diinisiasi para pemuda telah muncul sejak Budi Oetomo tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, hingga peran penting para pemuda dalam mewujudkan kemerdekaan setelah Jepang menyerah pada sekutu tahun 1945.

Bahkan, usai kemerdekaan terwujud dengan haru, tahun 1966, perubahan kepemimpinan dari Soekarno ke Soeharto juga tak terlepas dari peran pemuda di dalamnya.

Serta, masih tampak jelas masa-masa reformasi 1998.

Peran pemuda lagi-lagi berada di balik revolusi perubahan Indonesia, termasuk bagaimana peran penting mereka dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia dalam momentum bersejarah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 lalu.

Baca juga: Asal-usul Dua Kalimat Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com