Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan di Istana Merdeka, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dilakukan di Tempat Ini

Kompas.com - 10/08/2020, 13:16 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Agustus menjadi bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, kembali ke 75 tahun lalu, kali pertama kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17-8-'05
Wakil-wakil bangsa Indonesia

Naskah proklamasi ini ditulis tangan dan dibacakan oleh Ir Soekarno, di kediamannya yang dulu beralamatkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

Baca juga: Kenapa Sultan HB IX Bisa Satukan Warga Jogja Dukung Kemerdekaan?

"Atau sekarang bernama Jalan Proklamasi. Tetapi sekarang proklamasi diselenggarakan di Istana Merdeka," ujar sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Istana Merdeka bekas rumah Gubernur Jenderal 

Mengingat setiap tahun peringatan kemerdekaan diselenggarakan di Istana Merdeka, kata Bondan, tak mengherankan jika banyak anak muda membayangkan peristiwa penting ini dilakukan di tempat yang sama.

"Padahal Istana Merdeka yang sekarang, dulunya adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Jadi agak ironi, kita merayakan kemerdekaan kita justru di jantung kolonialisme," jelas Bondan.

Baca juga: Kisah Pembuatan Sandi Pertama pada Awal Kemerdekaan Indonesia

Sementara, kediaman Soekarno yang menjadi saksi bersejarah dari peristiwa penting ini sudah tak ada lagi dan berganti menjadi sebuah gedung.

Pada akhirnya, jejak sejarah berdirinya negara ini juga turut menghilang dan tak lagi dapat dikenali lagi oleh generasi masa kini.

Bondan mengungkapkan hilangnya jejak penting sejarah bangsa ini menjadi hal yang cukup menganggu dalam setiap peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com