Kompas.com - 03/08/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi gejala Covid-19. freepikIlustrasi gejala Covid-19.


KOMPAS.com - Studi baru menganalisis gejala-gejala awal Covid-19 yang dirasakan para pasien. Hasilnya menemukan gejala Covid-19 yang dilaporkan berbeda menurut jenis kelamin hingga usia.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan 30 Juli lalu di jurnal The Lancet Digital Health.

Studi yang dipimpin oleh para peneliti dari King's College London, Inggris, menganalisis data dari aplikasi ZOE COVID Symptom Study antara 20 April hingga 15 Oktober 2020, dilansir dari Science Daily, Selasa (3/8/2021).

Para peserta pengguna aplikasi ini diundang untuk dites segera setelah mereka melaporkan gejala baru. Hal ini berkat inisiatif bersama dengan Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial.

Para peneliti selanjutnya memodelkan gejala-gejala awal Covid-19 dan berhasil mendeteksi 80 persen kasus saat menggunakan aplikasi laporan gejala yang dilaporkan sendiri selama tiga hari.

Dengan menggunakan kriteria diagnostik National Health Service UK saat ini, para peneliti membandingkan kemampuan untuk memprediksi gejala awal Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Beda Gejala Covid-19 dari Strain Awal, Varian Alpha, Beta, dan Delta

 

Selain itu, mereka menggunakan model Hierarchical Gaussian Process, yakni sejenis mesin pembelajaran yang mendukung studi untuk menunjukkan gejala awal Covid-19 yang berbeda di antara kelompok usia dan jenis kelamin.

Model pembelajaran mesin ini mampu menggabungkan beberapa karakteristik tentang orang yang positif Covid-19, seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan, serta menunjukkan perbedaan gejala awal Covid-19 yang dialami pasien dari berbagai kelompok.

Peneliti menemukan ada 18 gejala Covid-19 yang diperiksa, yang memeliki relevansi berbeda untuk deteksi dini pada kelompok yang berbeda.

Dalam deteksi dini Covid-19, gejala paling penting secara keseluruhan di antaranya termasuk kehilangan penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, melepuh pada kaki, nyeri mata, dan nyeri otot yang tidak biasa.

Kendati demikian, ternyata gejala awal Covid-19, kehilangan penciuman signifikan terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun dan tidak relevan untuk subjek berusia di atas 80 tahun.

Baca juga: Gejala Covid-19 pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.