Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Awal Covid-19 Berbeda Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin, Studi Jelaskan

Kompas.com - 03/08/2021, 11:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Studi baru menganalisis gejala-gejala awal Covid-19 yang dirasakan para pasien. Hasilnya menemukan gejala Covid-19 yang dilaporkan berbeda menurut jenis kelamin hingga usia.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan 30 Juli lalu di jurnal The Lancet Digital Health.

Studi yang dipimpin oleh para peneliti dari King's College London, Inggris, menganalisis data dari aplikasi ZOE COVID Symptom Study antara 20 April hingga 15 Oktober 2020, dilansir dari Science Daily, Selasa (3/8/2021).

Para peserta pengguna aplikasi ini diundang untuk dites segera setelah mereka melaporkan gejala baru. Hal ini berkat inisiatif bersama dengan Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial.

Para peneliti selanjutnya memodelkan gejala-gejala awal Covid-19 dan berhasil mendeteksi 80 persen kasus saat menggunakan aplikasi laporan gejala yang dilaporkan sendiri selama tiga hari.

Dengan menggunakan kriteria diagnostik National Health Service UK saat ini, para peneliti membandingkan kemampuan untuk memprediksi gejala awal Covid-19.

Baca juga: Beda Gejala Covid-19 dari Strain Awal, Varian Alpha, Beta, dan Delta

 

Selain itu, mereka menggunakan model Hierarchical Gaussian Process, yakni sejenis mesin pembelajaran yang mendukung studi untuk menunjukkan gejala awal Covid-19 yang berbeda di antara kelompok usia dan jenis kelamin.

Model pembelajaran mesin ini mampu menggabungkan beberapa karakteristik tentang orang yang positif Covid-19, seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan, serta menunjukkan perbedaan gejala awal Covid-19 yang dialami pasien dari berbagai kelompok.

Peneliti menemukan ada 18 gejala Covid-19 yang diperiksa, yang memeliki relevansi berbeda untuk deteksi dini pada kelompok yang berbeda.

Dalam deteksi dini Covid-19, gejala paling penting secara keseluruhan di antaranya termasuk kehilangan penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, melepuh pada kaki, nyeri mata, dan nyeri otot yang tidak biasa.

Kendati demikian, ternyata gejala awal Covid-19, kehilangan penciuman signifikan terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun dan tidak relevan untuk subjek berusia di atas 80 tahun.

Baca juga: Gejala Covid-19 pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com