Kompas.com - 14/07/2021, 11:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Covid-19 dapat menyerang anak dari segala usia, meski kebanyakan dari mereka yang terinfeksi tidak mengalami gejala yang parah seperti orang dewasa.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di bawah usia 10 hingga 14 tahun kemungkinannya lebih kecil terpapar virus corona dibandingkan orang yang berusia 20 tahun ke atas.

Meski demikian, anak-anak tetap bisa mengalami sakit yang parah akibat Covid-19 hingga membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Risiko sakit parah akibat Covid-19 ini lebih tinggi pada bayi di bawah usia 1 tahun. Dilansir dari Mayo Clinic, hal ini mungkin disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang belum matang dan salur udara yang lebih kecil.

Mengetahui gejala-gejala Covid-19 pada bayi sangat penting bagi para orangtua untuk memantau kondisi buah hati mereka di masa pandemi ini.

Baca juga: 5 Gejala Covid-19 Pada Orang yang Sudah Vaksin Lengkap, Baru Disuntik 1 Dosis, dan Tidak Divaksin

Dengan mengenali gejala Covid-19 pada bayi, orangtua bisa segera melakukan langkah penanganan yang tepat untuk meminimalisi risiko sakit yang parah.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah gejala Covid-19 pada bayi yang paling umum dan perlu diwaspadai:

1. Infeksi saluran pernapasan atas, seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan bersin

2. Demam

3. Nyeri otot yang menyebabkan sering menangis dan sulit tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.