Kompas.com - 29/06/2021, 20:17 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 merupakan salah satu kunci memperlambat penyebaran virus corona. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang enggan untuk divaksinasi Covid-19, entah itu karena alasan takut jarum suntik, takut efek samping vaksin, atau ingin memilih vaksin tertentu.

Namun faktanya, virus corona bisa menyerang kapan saja. Apalagi, saat ini virus corona varian delta disebut WHO sebagai jenis virus corona tercepat dan terkuat.

Tak hanya itu, varian ini juga memiliki kemampuan menginfeksi banyak orang, terutama di negara atau daerah dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah.

Baca juga: IDAI Setujui Vaksin CoronaVac untuk Anak, Begini Hasil Keamanan Uji Klinis Fase 1 dan 2

Bahkan, berdasarkan analisis data yang dilakukan Associated Press, hampir semua kasus kematian akibat Covid-19 sekarang ini, terjadi pada orang yang belum divaksinasi Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Priyama dr. Hendra Gunawan, Sp.PD mengatakan, bahwa semua vaksin yang tersedia saat ini efektif terhadap virus corona varian delta, sehingga tak perlu pilih-pilih vaksin atau menunggu vaksin yang belum tersedia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sama seperti setiap pengobatan yang memiliki berbagai efek samping, vaksin juga memiliki efek samping ringan hingga fatal. Namun, risiko efek samping yang fatal sangat kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebagai contoh, penelitian Black dkk tahun 2003 melaporkan, bahwa insiden penurunan trombosit pada anak yang diimunisasi MMR adalah 1:25.000. Insidens ini tentu tidak sebanding dengan manfaat yang didapat, yaitu proteksi terhadap 3 jenis virus yang berpotensi menyebabkan morbiditas dan mortalitas,” jelas dr. Hendra kepada Kompas.com.

Demikian juga efek samping pada vaksin Covid-19. Laporan mengenai efek samping yang fatal dan diduga akibat vaksinasi masih didalami lebih lanjut hingga saat ini. Sehingga, belum dapat dipastikan, apakah benar disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Sementara seperti yang telah kita ketahui, infeksi Covid-19 bisa menyebabkan gejala parah hingga risiko kematian.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Covid-19

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.