Berukuran Jauh Lebih Kecil, Laba-laba Berbisa Sering Memangsa Ular

Kompas.com - 25/06/2021, 11:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah studi baru melaporkan, laba-laba berbisa dapat memangsa ular yang ukurannya jauh lebih besar.

Bukan hanya satu kali, laba-laba berbisa ini sering menjadi pemenang dalam pertarungan sengit melawan ular berbisa.

Para peneliti menemukan 319 catatan tentang laba-laba yang membunuh dan memangsa ular. 297 di antaranya adalah peristiwa yang terjadi secara alami di alam liar dan 22 sisanya terjadi di penangkaran.

Sekitar sepertiga dari contoh-contoh itu berasal dari pengamatan ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal, sedangkan sisanya ditemukan di situs berita atau media sosial.

Baca juga: Sanggup Membunuh Manusia dalam 15 Menit, Apa Rahasia Laba-Laba Ini?

"Semakin lama saya menangani masalah ini, semakin saya menyadari bahwa laba-laba tertentu dapat melakukan sesuatu yang luar biasa seperti itu," kata penulis senior studi Martin Nyffeler, seorang ahli biologi konservasi di University of Base yang sebelumnya telah melaporkan laba-laba memakan kelelawar dan vertebrata lainnya.

Laba-laba tangguh

Dilansir dari Live Science, Selasa (22/6/2021), perilaku laba-laba berbisa memangsa ular tersebar luas.

Ada lebih dari 30 spesies laba-laba terlibat dalam praktik ini di alam liar, dan 11 spesies lain melakukannya di penangkaran.

Data tersebut dilaporkan oleh Nyffeler dan J. Whitfield Gibbons yang seorang herpetologis di Universitas Georgia dalam Journal of Arachnology bulan ini.

Laba-laba janda adalah spesies laba-laba pembunuh yang paling sering melakukan praktik ini. Spesies laba-laba janda bertanggung jawab atas setengah kematian ular yang diserang laba-laba.

Spesies laba-laba janda yang terlibat pertarungan dengan ular termasuk laba-laba janda hitam bertanda jam pasir yang terkenal (Latrodectus mactans, L. Hesperus, dan L. variolus) serta kerabat seperti laba-laba kancing Afrika (L. indistinctus).

Laba-laba kancing Afrika berukuran kecil, paling besar hanya 1,1 sentimeter, dan mereka biasanya menargetkan ular kecil yang masih muda.

Laba-laba janda hitam (Latrodectus mactans) Laba-laba janda hitam (Latrodectus mactans)

Kendati kecil, racunnya cukup mematikan untuk membunuh hewan yang jauh lebih besar.

Anggota keluarga tarantula bertanggung jawab atas 10 persen pembunuhan ular.

Laba-laba yang lebih besar ini tidak membangun jaring, tetapi berburu mangsa secara aktif di tanah atau di pohon.

8,5 persen insiden pemangsaan lainnya dilakukan oleh laba-laba penenun bola besar, yang juga diketahui menangkap dan memakan kelelawar dan burung.