Sanggup Membunuh Manusia dalam 15 Menit, Apa Rahasia Laba-Laba Ini?

Kompas.com - 28/09/2020, 08:00 WIB
Taring dari laba-laba funnel-web yang sangat berbisa. inverseTaring dari laba-laba funnel-web yang sangat berbisa.

KOMPAS.com - Gigitan berbisa dari laba-laba funnel-web sangat mematikan.

Gigitan itu pun mampu menembus melalui kulit, kuku, dan kulit sepatu. Jika tak ditangani dengan serius, efeknya bisa menyebabkan kematian pada manusia dalam waktu 15 menit.

Tapi apa yang membuat bisa laba-laba ini sangat berbahaya?

Sebuah studi baru ini berhasil mengungkapkan bagaimana kelompok laba-laba tersebut memiliki kekuatan super berbisa.

Baca juga: Musim Kawin, Laba-laba Raksasa Ini Serbu Rumah-rumah di Inggris

Seperti dikutip dari Inverse, Minggu (27/9/2020) laba-laba funnel-web pertama kali mengembangkan racunnya sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator serangga, seperti lalat dan kecoak.

Namun seiring waktu, efek racun tak hanya digunakan untuk bertahan dari serangga melainkan juga menargetkan vertebrata.

Lantas mengapa laba-laba beracun bagi manusia yang bukan merupakan predator alami laba-laba?

Peneliti menjelaskan, memang manusia bukan target yang dituju, tetapi racun kemungkinan besar berevolusi untuk mencegah predator vertebrata yang biasa ditemui laba-laba ini, termasuk di antaranya manusia.

Evolusi itu yang kemudian menjadikan gigitan laba-laba memiliki efek fatal bagi manusia. Tak heran, studi yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of National Academy of Sciences tersebut menyebut efek racun mematikan laba-laba funnel-web sebagai evolusi kebetulan yang tidak menguntungkan.

"Selama ini kami telah dibuat bingung mengapa racun laba-laba begitu mematikan bagi manusia," ungkap Bryan Fry, ketua dalam penelitian sekaligus profesor di University of Queensland dilansir Smithsonian Magazine, Jumat (25/9/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X