Kompas.com - 12/06/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi kista ovarium freepikIlustrasi kista ovarium

KOMPAS.comKista ovarium adalah kista yang terjadi akibat folikel sel telur tidak hancur dan berisi cairan secara tidak normal. Kista ini ada dua macam, kista fungsional dan kista patologis. Sebagian besar kista ovarium adalah jenis kista fungsional yang akan hilang sendiri dalam jangaka dua hingga tiga kali siklus menstruasi.

Kista ovarium adalah kondisi yang tidak bisa dicegah karena merupaka proses yang berjalan seiring dengan proses normal wanita yang mengalami ovulasi setiap bulannya. Namun ada beberapa cara yang bisa mengurangi resiko terjadinya kista ovarium.

Dilansir dari Medical News Today, berikut cara mencegah kista ovarium dan mengurangi resiko pembentukannya.

Baca juga: Kista Ovarium, Benarkah Bisa Menghambat Kehamilan?

Menjaga berat badan ideal

Kesehatan umum wanita berperan penting dalam mempengaruhi resiko seorang wanita terkena kista ovarium atau tidak. Salah satu indikator kesehatan seseorang adalah berat badan yang ideal, berdasarkan usia dan Body Mass Index.

Wanita dengan berat badan berlebih cenderung beresiko tinggi mengalami polycystic ovarian syndrome (PCOS). Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita obesitas dengan PCOS, jika menurunkan 10% dari berat badan mereka, akan mengalami pengurangan resiko perkembangan PCOS.

Baca juga: Darah Haid Bisa Ungkap Adanya Penyakit Kista

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pola makan sehat

Salah satu cara meningkatkan kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan sehat. Penting sekali untuk mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Sebagian besar wanita yang mengalami kista ovarium mengalami obesitas.

Salah satu pola makan yang bisa diterapkan adalah menerapkan pola makan rendah karbohidrat. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk menentukan jenis diet yang sesuai untuk kondisi Anda.

Dokter biasanya akan meminta Anda lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta menghindari makanan yang mengandung pengawet.

Olahraga rutin

Olahraga rutin bisa meningkatkan kesehatan wanita secara umum serta menurunkan resiko terbentuknya kista ovarium. Seseorang direkomendasikan melakukan olahraga rutin setidaknya lima kali dalam seminggu.

Menggunakan KB

KB atau keluarga berencana adalah salah satu cara untuk mengontrol kehamilan. Ternyata metode ini juga bisa digunakan untuk mencegah terbentuknya kista ovarium. Selain itu, KB juga bisa membantu mengontrol jerawat hormonal dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga: Serba-serbi Polip Rahim, dari Kondisi, Gejala, hingga Penyebabnya

Jika terlanjur memiliki kista ovarium

Jika Anda memiliki kista ovarium, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk menentukan langkah yang tepat untuk mengurangi efek yang mungkin ditimbulkan.

Jika Anda merasakan nyeri pada perut bagian bawah akibat kista Anda, Anda mungkin memerlukan obat-obatan pereda nyeri. Selain itu, pijatan ringan di sekitar pinggul dan perut bawah, serta kompres hangat juga bisa meredakan neri yang ditimbulkan oleh kista ovarium.

Anda juga bisa belajar teknik relaksasi untuk mencegah stress dan kecemasan akibat kista ovarium. Stress dan kecemasan berlebih bisa membuat nyeri pada perut Anda semakin memburuk.

Demikian cara mencegah kista ovarium yang bisa Anda lakukan. Semoga sehat selalu, ya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X