Kompas.com - 16/05/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi Bintang laut bunga matahari. Spesies makhluk laut yang hampir punah. WIKIMEDIA COMMONS/Sam WilsonIlustrasi Bintang laut bunga matahari. Spesies makhluk laut yang hampir punah.


KOMPAS.com- Sunflower sea star atau bintang laut bunga matahari adalah salah satu biota laut yang berada di ujung kepunahan.

Namun, sekelompok ilmuwan Amerika Serikat berhasil membuat bintang laut ini lahir kembali.

Sejumlah bintang laut bunga matahari ini berhasil dikembang biakkan di penangkaran, yang bertujuan memperkenalkan mereka kembali ke alam liar.

Ilmuwan di laboratorium Pulau San Juan, di negara bagian Washington, Amerika Serikat, telah berhasil mengangkat bintang laut bunga matahari dari penangkaran itu untuk pertama kalinya, seperti dilansir dari Guardian, Minggu (16/5/2021).

Ini adalah upaya para ilmuwan untuk membantu menyelamatkan makhluk laut yang kharismatik ini dari ambang kepunahan.

Baca juga: Fosil 480 Juta Tahun, Seperti Ini Rupa Nenek Moyang Bintang Laut

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Bintang laut bunga matahari adalah spesies bintang lait dengan warna yang bervariasi. Spesies ini dapat tumbuh hingga sebesar roda sepeda dan memiliki sekitar 20 kaki.

Populasi bintang laut ini pernah melimpah di kawasan perairan pesisir dari Alaska hingga Meksiko.

Akan tetapi, pada tahun 2013, hampir 6 miliar dari hewan ini sekarang sangat terancam punah. Ancaman kepunahan pada bintang laut bunga matahari ini adalah dari penyakit mengerikan yang berkaitan dengan pemanasan laut.

Populasi bintang laut bunga matahari inipun anjlok hingga lebih dari 90 persen.

Baca juga: Foto Langka, Bintang Laut Tertangkap Memakan Kepiting

 

Sebagai predator utama, bintang laut bunga matahari sangat penting dalam memeliharan ekosistem laut yang beragam.

Hal itu disampaikan Jason Hodin, seorang ahli biologi kelautan yang memimpin penelitian di Friday Harbor Laboratories di Pulau San Juan, stasiun lapangan kelautan untuk University of Washington.

"Predator puncak ini benar-benar membantu menyusun ekosistem. Dan ketika Anda menghilangkannya, hal itu sering kali mengubah [habitat] menjadi ekosistem yang jauh lebih sederhana dan kurang beragam," kata dia.

Dampak hilangnya bintang laut bunga matahari ini cukup terasa di California, yang mana hal itu menyebabkan turut hilangnya hutan rumput laut di negara ini.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Bintang Laut Punya Mata?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X