Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian India Sebabkan Covid-19 di Inggris Melonjak, Ilmuwan Desak Vaksinasi Ditingkatkan

Kompas.com - 16/05/2021, 13:15 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Sejak varian Covid-19 India terdeteksi muncul di Inggris, angka kasus baru terus meningkat. Menyusul kondisi ini, para ilmuwan menyerukan agar vaksinasi ditingkatkan.

Dilansir dari The Independent, Minggu (16/5/2021), angka terbaru menunjukkan, jumlah infeksi virus corona yang disebabkan varian Covid-19 India, telah meningkat hampir tiga kali lipat selama seminggu terakhir di Inggris.

Khawatir dengan dampak dari penyebaran varian Covid-19 India yang terus menunjukkan lonjakan kasus baru, para ilmuwan mendesak untuk pemerintah untuk meningkatkan vaksinasi.

Suntikan vaksin Covid-19 memang dianggap mampu mentralkan varian virus corona India tersebut.

Baca juga: WHO: Varian Covid-19 India, B.1.617, Sudah Menyebar ke 49 Negara

 

Namun para ilmuwan tetap mendesak pemerintah untuk meningkatkan vaksinasi di daerah di Inggris yang terdampak paling parah.

Sementara beberapa wilayah telah melangkah lebih jauh dengan berpendapat bahwa pencabutan lockdown harus ditunda sampai ada lebih banyak data yang bisa dikumpulkan.

Varian Covid-19 India yang disebut B.1.617.2 telah meningkatkan wabah Covid-19 ini di seluruh negeri hanya dalam beberapa hari terakhir, termasuk di Bolton, London dan Blackburn.

Hingga 13 Mei 2021, total kasus mencapai 1.313 kasus Covid-19 dari varian India yang telah terdeteksi di Inggris. Angka ini melonjak, naik dari 520 kasus yang tercatat pada minggu sebelumnya.

Baca juga: Covid-19 di India Membuat Banyak Jenazah Penuhi Tepi Sungai Gangga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com