Kompas.com - 06/05/2021, 16:23 WIB

KOMPAS.comGula darah rendah atau disebut juga dengan hipoglikemi. Ini merupakan kondisi dimana kandungan gula dalam darah Anda terlalu rendah.

Gula darah rendah bisa menjadi bahaya jika tidak ditangani dengan baik. Tapi perawatannya sangat mudah untuk dilakukan sendiri.

Menurut Centers of Disesase Control and Prevention (25/2/2021), kadar gula darah rendah biasanya menunjukkan angka di bawah 90 mg/dL. Jika gula darah lebih rendah dari 54 mg/dL, maka ini adalah gula darah rendah yang parah. Pada nilai gula darah ini, biasanya pasien akan pingsan.

Dilansir dari National Health Service United Kingdom (24/9/2020), terdapat beberapa gejala yang menunjukkan gula darah rendah. Gejala yang muncul pada setiap orang mungkin berbeda-beda, namun berikut gejala yang umunya terjadi.

Baca juga: Penyebab Kadar Gula Darah Gampang Naik Turun

Gejala awal

Pada tahap awal gula darah rendah, Anda mungkin merasakan keringan dingin, lelah, pusing, kulit pucat, dan lapar. Selain itu, Anda juga mungkin merasa kesemutan pada bibir Anda, gemetaran, berdebar-debar, dan mudah marah tau cemas.

Jika gejala awal diabaikan, maka gejala akan berlanjut lebih parah lagi. Segera hubungi dokter jika gejala awal ini rutin terjadi setidaknya seminggu sekali.

Gejala lanjut

Anda mungkin akan mengalami gejala berikut jika gula darah Anda sudah terlalu rendah, diantaranya lemah, pandangan buram, bingung dan sulit berkonsentrasi, berbicara melantur, mengantuk, kejang, pingsan, hingga koma.

Gula darah rendah juga bisa terjadi bahkan ketika Anda sedang tidur. Gejalanya adalah Anda terbangun di malam hari karena sakit kepala, kelelahan, dan keringat dingin.

Jika yang dialami adalah gejala berat atau gejala lanjut, maka segera telepon ambulans atau bawa pasien ke unit gawat darurat. Jika sampai mengalami pingsan, maka diperlukan injeksi glukagon. Glukagon adalah obat yang bisa menaikkan gula darah.

Jangan mencoba menyuapi minuman atau makanan pada orang hipoglikemi yang pingsan. Ini berbahaya karena ada resiko tersedak.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber WebMD,NHS,CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.