Kompas.com - 21/04/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Jerapah Luca Galuzzi - www.galuzzi.itIlustrasi Jerapah

KOMPAS.com - Jerapah atau dalam istilah ilmiah Giraffa camelopardalis adalah mamalia tertinggi di dunia yang dapat berdiri setinggi 18 kaki. Mereka biasa hidup dalam kawanan yang berjumlah 5 hingga 20 jerapah.

Dalam kawanannya, jerapah berkomunikasi satu sama lain, meskipun mereka sering dianggap sebagai hewan yang pendiam.

Lalu bagaimana cara jerapah berkomunikasi?

Jerapah berkomunikasi secara infrasonik, baik itu dengan erangan dan geraman yang sangat pelan untuk dapat didengar oleh manusia.

Baca juga: Fakta Jerapah, Tak Bisa Tidur Nyenyak dan Punya Tekanan Darah Tinggi

Dilansir Sciencing, Selasa (13/3/2018) jerapah berbicara satu sama lain dengan suara yang sangat rendah dengan frekuensi rendah pula.

Saking rendahnya, telinga manusia tidak dapat mendengar suaranya.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir para ilmuwan berhasil merekam dan suara jerapah dengan peralatan perekam khusus.

Komunikasi infrasonik  yang digunakan jerapah dapat menempuh jarak yang lebih jauh daripada suara bernada tinggi.

Diperkirakan dengan infrasonik, hewan dapat berkomunikasi dengan hewan lain yang jaraknya beberapa mil jaunya untuk memperingatkan bahaya.

Melalui komunikasi, jerapah dapat melakukan banyak hal. Seperti misalnyam jerapah jantan biasanya 'batuk' saat memanggil jerapah betina untuk kawin.

Halaman:


Sumber Sciencing
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X