Kompas.com - 14/04/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi gajah Pixabay/PexelsIlustrasi gajah

KOMPAS.com - Para ilmuwan dan peneliti menemukan bahwa gajah dapat menirukan suara yang dia dengar. Selain itu, ahli juga menemukan bahwa gajah dapat berkomunikasi jarak jauh, seperti paus dan lumba-lumba.

Peneliti gajah Joyce H. Poole dari Amboseli Trust for Elephants di Kenya memperhatikan seekor gajah betina yang tampaknya dapat meniru suara frekuensi rendah yang dihasilkan truk. Padahal, jarak si gajah dan truk itu bermil-mil jauhnya.

Poole membandingkan temuannya dengan rekannya Angela S. Stoeger-Horwath dari Universitas Wina. Stoeger menyaksikan seekor gajah afrika jantan dapat menirukan suara dua gajah asia betina di sebuah kebun binatang, meski ras mereka berbeda.

Ketika Poole dan Horwath membandingkan temuan mereka, mereka memutuskan untuk menghubungi ahli biologi cetacea (istilah untuk mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba) yang terkenal di Woods Hole Institute di Falmouth, Massachusetts untuk pemahaman lebih lanjut.