Kompas.com - 14/04/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi gajah Pixabay/PexelsIlustrasi gajah

KOMPAS.com - Para ilmuwan dan peneliti menemukan bahwa gajah dapat menirukan suara yang dia dengar. Selain itu, ahli juga menemukan bahwa gajah dapat berkomunikasi jarak jauh, seperti paus dan lumba-lumba.

Peneliti gajah Joyce H. Poole dari Amboseli Trust for Elephants di Kenya memperhatikan seekor gajah betina yang tampaknya dapat meniru suara frekuensi rendah yang dihasilkan truk. Padahal, jarak si gajah dan truk itu bermil-mil jauhnya.

Poole membandingkan temuannya dengan rekannya Angela S. Stoeger-Horwath dari Universitas Wina. Stoeger menyaksikan seekor gajah afrika jantan dapat menirukan suara dua gajah asia betina di sebuah kebun binatang, meski ras mereka berbeda.

Ketika Poole dan Horwath membandingkan temuan mereka, mereka memutuskan untuk menghubungi ahli biologi cetacea (istilah untuk mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba) yang terkenal di Woods Hole Institute di Falmouth, Massachusetts untuk pemahaman lebih lanjut.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Dijuluki Paus Pembunuh, Apa Orca Mengincar Manusia?

Hasil temuan mereka dengan ahli biologi cetacea Stephanie Watwood membantu mereka menemukan kesamaan antara interaksi vokal paus dan lumba-lumba dengan gajah.

Sebagai kemampuan yang tidak biasa di antara kebanyakan hewan, Watwood meninjau rekaman dan data komunikasi gajah dan menemukan bahwa layaknya paus dan lumba-lumba, gajah dapat "mempelajari" suara dan menirunya.

Dilansir Sciencing, gajah juga dapat berkomunikasi dari jarak jauh satu sama lain sebagaimana paus dan lumba-lumba. Maka dari itu para peneliti setuju bahwa gajah adalah paus di daratan.

Ahli zoologi Amerika Katy Payne mengamati gajah yang saling bertengkar dan bergemuruh di Kebun Binatang Washington Park di Portland, Oregon. 

Paye menemukan bahwa mereka menggunakan suara infrasonik yang dalam untuk berkomunikasi secara jarak yang jauh.

Kondisi atmosfer juga memainkan peran besar dalam seberapa jauh komunikasi infrasonik dapat terdengar.

Halaman:


Sumber Sciencing
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X