Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Gempa Susulan Malang Kemarin Pagi | Alasan Gorila Menepuk Dada

Kompas.com - 12/04/2021, 06:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bumi dengan kekuatan M 5,5 mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur, Minggu (11/4/2021) pagi. Gempa ini juga terasa hingga Yogyakarta.

Fenomena gempa susulan dari gempa utama yang terjadi Sabtu (10/4/2021) siang merupakan salah satu berita populer Sains Kompas.com.

Selain itu, ahli juga menemukan kota emas yang telah lama hilang di Mesir. Ini merupakan temuan terpenting dalam sejarah, setelah makam raja Tutankhamun.

Berita populer lainnya, studi terbaru menemukan bahwa pria yang terinfeksi Covid-19 berisiko enam kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi.

Berita lain yang layak disimak, alasan gorila sering memukul dadanya. Ini adalah misteri yang akhirnya dipahami ilmuwan.

Baca juga: [POPULER SAINS] Gempa M 6,7 Malang yang Terasa Hingga Yogyakarta dan Bali | Pewarna Biru Alami Ditemukan

Berikut ulasan Populer Sains:

1. Gempa M 5,5 kemarin pagi tak berpotensi tsunami

Trending #PrayforMalang belum juga selesai, gempa bumi tektonik dengan magnitudo M 5,5 kembali mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur dan sekitarnya.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada pukul 06.54 WIB, Minggu (11/4/2021).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.84 LS dan 112.41 BT.

Lokasi tepatnya adalah di laut pada jarak 80 kilometer arah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 kilometer.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas BMKG.

Kepala Bidang Mitigasi gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, gempa ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya relatif kecil untuk dapat menjadi gempa pembangkit tsunami.

Ini merupakan gempa susulan kedelapan, bagian dari gempa utama berkekuatan M 6,1 yang terjadi Sabtu (10/4/2021) siang.

Baca selengkapnya di sini:

Lagi, Gempa M 5,5 Guncang Malang Hari Ini Tak Berpotensi Tsunami

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com