[POPULER SAINS] Gempa M 6,7 Malang yang Terasa Hingga Yogyakarta dan Bali | Pewarna Biru Alami Ditemukan

Kompas.com - 11/04/2021, 09:40 WIB
Gempa berkekuatan M 6,7 pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta. BMKGGempa berkekuatan M 6,7 pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

KOMPAS.com - Gempa Sabtu (10/4/2021) siang berkekuatan M 6,7 yang berpusat di Malang, getarannya tidak hanya dirasakan Jawa Timur dan sekitarnya, tapi juga hingga Yogykarta, Bali, dan Lombok.

Ilmuwan menjelaskan kenapa getaran gempa ini dirasakan sangat luas. Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi akhir pekan.

Selain kabar mengejutkan tersebut, berita populer lainnya adalah tentang bibit siklon tropis Odette yang terdeteksi BMKG pada Jumat (9/4/2021).

Juga temuan pewarna biru makanan alami yang baru pertama kali ditemukan dalam sejarah hingga misteri laba-laba Mars yang akhirnya terungkap setelah 2 dekade.

Baca juga: [POPULER SAINS] Manfaat Vaksin AstraZeneca Besar | Siklon Tropis Seroja Berpotensi Picu Meteo-Tsunami

Berikut ulasan berita populer Sains yang sayang jika dilewatkan.

1. Alasan gempa Malang terasa hingga Yogyakarta, Bali, dan Lombok

Petugas PMI Kabupaten Malang saat mendatangi rumah warga yang rusak akibat gempa, Sabtu (10/4/2021).KOMPAS.COM/Dok. PMI Kabupaten Malang Petugas PMI Kabupaten Malang saat mendatangi rumah warga yang rusak akibat gempa, Sabtu (10/4/2021).

Ahli Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Gayatri Indah Marliyani mengungkapkan gempa bumi ini terjadi di lepas pantai selatan Jawa Timur yang terjadi akibat proses subduksi.

Guncangan gempa Malang meluas hingga ratusan kilometer dari pusat gempa.
Gayatri menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena magnitudo dan kedalaman gempa bumi tersebut cukup besar, sehingga rambatan gelombang gempa bisa mencapai area yang luas.

Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa bumi akibat aktivitas lempeng subduksi ini, selain dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur, juga dirasakan di Yogyakarta, Madiun, Ponorogo, Denpasar, Kuta, Jimbaran, hingga Mataram dan Lombok Barat.

Baca selengkapnya penjelasan ahli di sini:

Gempa Malang, Mengapa Guncangannya Sangat Luas sampai Yogyakarta dan Bali?

2. Bibit siklon tropis Odette dideteksi BMKG

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto MSi mengatakan, bahwa saat ini siklon tropis Odette adalah bibit siklon 90S yang sejak tanggal 2 April 2021 lalu muncul bersamaan dengan badai Seroja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X