Kompas.com - 07/04/2021, 20:02 WIB


KOMPAS.com- Penyakit neurologis pada otak masih menjadi misteri yang diketahui menjangkiti beruang hitam di California dan Nevada, Amerika Serikat.

Penyakit otak pada beruang ini membuat hewan tersebut menjadi tak takut pada manusia dan mengalami kemunduran kesehatan drastis yang berujung pada kematian mereka.

Meskipun kondisi ini tampaknya tak terlalu membahayakan populasi beruang pada umumnya, para ilmuwan dan berbagai pihak masih mencoba mencari tahu penyebabnya.

Seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (7/4/2021) California Department of Fish and Wildlife, laporan pertama dari penyakit misterius itu terjadi pada 2014.

Saat itu pejabat di Nevada menangkap beruang yang sakit di dekat Danau Tahoe. Setelah itu laporan sporadis dalam 1 tahun datang silih berganti.

Baca juga: Beruang Purba Berusia 30.000 Tahun Ditemukan dalam Kondisi Utuh

 

Gejala penyakit yang dialami beruang termasuk di antaranya adalah kelesuan, berat badan turun, kepala gemetar dan sedikit miring.

Beruang juga tidak takut berada di sekitar manusia seperti layaknya anjing.

Pada 2019, seekor anak beruang dengan penyakit misterius berhasil didokumentasikan. Beruang muda itu tanpa ragu-ragu mendekati seorang snowboarder.

Laporan lain terkait efek penyakit otak pada beruang, juga menunjukkan jika beruang muda naik ke bagasi mobil untuk mencari makan tanpa takut.

Baca juga: Es Kutub Kian Menyusut, Beruang Kutub Terancam Punah Pada 2100

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.