Kompas.com - 09/03/2021, 09:25 WIB
Sejumlah foto yang menampilkan seekor kuda nil diberi makan sampah di Taman Safari Indonesia (TSI), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial Senin (8/3/2021). Dok. ISTIMEWASejumlah foto yang menampilkan seekor kuda nil diberi makan sampah di Taman Safari Indonesia (TSI), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial Senin (8/3/2021).

KOMPAS.com - Di media sosial, viral foto seekor kuda nil di Taman Safari Indonesia (TSI) hampir menelan sampah botol plastik dan tisu, yang diduga dilempar oleh pengunjung pada Minggu (7/3/2021).

Kejadian kuda nil yang nyaris memakan sampah botol plastik ini terekam dalam video Instagram Story milik akun @cyntiactcete.

Namun, pemilik akun tersebut mengaku tidak sempat merekam perbuatan pengunjung yang diduga memberi makan sampah ke kuda nil.

Emang sih gk kerekam pas dy ngelemparnya (botol bekas minuman), tapi saksi mata banyak, ada tissue juga yang dilempar," tulis akun @cyntiactcete itu.

Baca juga: Foto Viral Kuda Nil di Taman Safari Bogor Diberi Makan Sampah, Ini Penjelasan Pengelola

Seperti telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, Senin (8/3/2021), pihak Taman Safari Indonesia telah mengetahui kejadian tersebut dan sudah membersihkan sampah botol plastik yang ada di dalam mulut kuda nil itu.

“Temuan kami ada satu botol mineral dan juga tisu, tapi semuanya tidak sampai tertelan,” kata Humas Taman Safari Indonesia Bogor, Yulius H Suprihardo, kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Menanggapi hal itu, dokter hewan Dr M Munawaroh, drh, MM mengaku prihatin dengan kejadian tersebut, yang menurutnya tak pantas dilakukan oleh siapa pun.

“Seperti kita pahami bersama, plastik jelas bukan makanan hewan seperti kuda nil dan plastik adalah bahan yang tidak akan bisa dicerna oleh hewan apa pun,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika kuda nil yang makan botol plastik tak segera ditangani, maka akan mengganggu proses pencernaannya.

Bahkan, jika botol plastik tak bisa dikeluarkan melalui feses atau muntahan, bisa menyebabkan risiko kematian pada kuda nil tersebut.

“Tapi secara normal, biasanya hewan akan memuntahkan benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya,” jelas dokter hewan yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PBPDHI) itu.

Baca juga: Duduk Perkara Kuda Nil Taman Safari Diberi Makan Sampah Botol Plastik, Pengawasan Pengelola Dipertanyakan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X