Kompas.com - 09/03/2021, 13:02 WIB
Are there any identical twins in this litter? (Image credit: olgagorovenko via Getty Images)Are there any identical twins in this litter?

KOMPAS.com - Bagi manusia, memiliki anak kembar adalah hal yang wajar. Bahkan tak jarang dari kita yang menginginkan memiliki bayi kembar.

Namun, apakah hewan juga dapat memiliki bayi kembar?

Pada banyak hewan, melahirkan banyak bayi adalah hal yang biasa. Misalnya, rata-rata anjing melahirkan lima anak anjing dalam satu waktu.

Namun bukan berarti mereka semua kembar.

Jadi, apa perbedaan antara melahirkan banyak anak dalam satu waktu dengan melahirkan bayi kembar bagi hewan? 

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Seperti Manusia, Anjing juga Bermimpi

Charles Long, seorang ahli fisiologi reproduksi di Texas A&M University berpendapat bahwa hal itu benar-benar tergantung pada angka ketika terjadi kelahiran pada satu waktu.

"Karena, anak kembar menurut definisi adalah dua bayi. Sedangkan hewan yang sedang hamil hampir selalu memiliki lebih banyak dari itu," jelas Long.

Dilansir Live Science, Minggu (7/3/2021) seekor hewan betina memiliki anak saat melepaskan banyak telur. Saat dibuahi, telur ini menghasilkan banyak embrio. 

Ketika induk hewan melepaskan dua telur, itu berarti keturunan yang dihasilkan kembar fraternal atau non-identik. 

Baik littermates atau fraternal twins, saudara kandung ini berbagi sekitar setengah DNA mereka. Ini sama seperti pasangan saudara kandung lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X