Kompas.com - 04/03/2021, 11:58 WIB
Kematian akibat Covid-19 di Brasil meningkat 1.910 dalam 24 jam terakhir. AP PHOTO/ERALDO PERESKematian akibat Covid-19 di Brasil meningkat 1.910 dalam 24 jam terakhir.

KOMPAS.com - Sebuah laporan baru yang dipublikasikan oleh World Obesity Federation semakin menguatkan kaitan antara berat badan berlebih dengan risiko kematian akibat Covid-19.

Dalam laporan tersebut, sekitar 2,2 juta orang dari 2,5 juta orang yang meninggal akibat Covid-19 per Februari 2021 berasal dari negara-negara dengan tingkat populasi overweight atau kegemukan yang tinggi.

Untuk diketahui, overweight merujuk pada indeks massa tubuh (IMT atau BMI) orang dewasa yang berada pada angka 25-30 kg/m2.

Baca juga: Perhatikan BMI untuk Kurangi Risiko Covid-19 akibat Obesitas

Bahkan, negara-negara yang setengah penduduknya overweight, ditemukan memiliki proporsi kematian akibat Covid-19 yang sangat tinggi, yakni mencapai 10 kali lipat dibanding negara yang mayoritas penduduknya tidak overweight.

Diurutkan dari proporsi kematian tertinggi ke terendah, adalah Belgia, Slovenia, Inggris Raya, Cekoslavia, Italia, Portugal, Montenegro dan Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, Vietnam yang merupakan negara dengan populasi overweight terendah kedua di dunia memiliki tingkat kematian akibat Covid-19 terendah juga.

Urutan negara dengan proporsi kematian terendah adalah Burundi, Vietnam, Tanzania, Thailand, Papua Nugini, Kongo, China dan Singapura.

Konsisten secara global

Tim peneliti mengakui bahwa faktor terbesar dari risiko kematian akibat Covid-19 adalah usia, tetapi faktor kedua terbesar adalah berat badan berlebih.

Dr Tim Lobstein, penulis laporan dan mantan penasihat WHO dan Kemenkes Inggris, berkata bahwa dia dan timnya terkejut ketika melihat korelasi ini.

"Kami tahu bahwa ada masalah di beberapa negara, tetapi kami menemukan bahwa masalah ini sangat konsisten di seluruh dunia-dengan pengecualian seperti Selandia Baru dan Islandia yang telah melakukan upaya besar untuk melindungi populasi rentan," ujarnya.

Baca juga: Berapa Penurunan Berat Badan yang Ideal dalam Sebulan?

Halaman:


Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.