Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Misterius Terdeteksi dari Bintang Terdekat Tata Surya, Mungkinkah Alien?

Kompas.com - 29/12/2020, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Apakah manusia sendirian di alam semesta ini? Pertanyaan yang belum terungkap hingga kini itu membuat para ahli terus mencoba mencari jawabannya dan memecahkan beragam misteri di Tata Surya ini.

Berbagai penelitian serta pencarian dilakukan untuk mengetahuinya.

Di pengujung tahun 2020, peneliti mengungkapkan jika berhasil mendeteksi sinyal misterius yang berasal dari Proxima Centauri, sistem bintang terdekat dengan matahari.

Seperti dikutip dari Live Science, Senin (28/12/2020) sinyal tersebut tertangkap teleskop Parkes di Australia pada April dan Mei 2019.

Baca juga: Peneliti Sebut Alien di 1000 Bintang Terdekat Bisa Awasi Bumi

 

 

Teleskop tersebut merupakan bagian dari proyek Breakthrough Listen untuk mencari sinyal radio dari sumber teknologi di luar tata surya.

Peneliti menyebut sinyal itu berupa berkas sempit gelombang radio 980 MHz. Sinyal tersebut muncul sekali dan tak pernah terdeteksi lagi.

Frekuensi ini menjadi penting karena pita gelombang radio tersebut biasanya tak digunakan pesawat dan satelit buatan manusia.

Lebih lanjut, sinyal tampaknya datang langsung dari sistem Proxima Centauri yang berjarak hanya 4,2 tahun cahaya dari Bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com