4 Alasan Penyakit Asam Lambung Semakin Parah Ketika Kita Bertambah Tua

Kompas.com - 14/12/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Penyakit asam lambung naik kembali ke kerongkongan atau GERD umum dialami oleh orang dewasa.

Namun, banyak orang juga menyadari ini bahwa penyakit ini menjadi semakin parah dan sering frekuensinya seiring dengan bertambahnya usia.

Dilansir dari Cleveland Clinic, pakar gastroenterologi Scott Gabbard, MD, mengatakan, tidak ada usia yang jelas kapan (kondisi asam lambung) menukik, tetapi semakin kita tua, masalah GERD menjadi semakin besar.

Ada empat penyebab paling umum dari semakin meningkatnya masalah GERD. Keempat penyebab itu adalah:

Baca juga: 9 Cara Alami Mencegah Asam Lambung Naik ke Tenggorokan

1. Otot yang menua

Seperti otot-otot tubuh lainnya, otot-otot lower esophageal sphincter (LES) juga menjadi semakin lemah ketika usia kita bertamabah.

Padahal, otot-otot LES ini berfungsi untuk mengontrol katup di antara kerongkongan dan perut. Biasanya, LES akan tertutup rapat ketika tidak ada makanan yang lewat.

Namun ketika otot LES melemah, ia pun tidak dapat bekerja dengan optimal dan kesulitan mencegah makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Berat badan berlebih

Tidak ada penjelasan pasti mengapa berat badan berlebih dapat melemahkan otot LES. Namun, berbagai studi telah menemukan kaitan antara berat badan yang berlebih dengan tingkat frekuensi dan keparahan GERD yang lebih tinggi.

Baca juga: Daftar Makanan Terbaik untuk Asam Lambung dan yang Harus Dihindari

3. Pengobatan tertentu

Semakin kita tua, semakin banyak juga masalah kesehatan yang kita hadapi. Sayangnya, ada beberapa pengobatan yang dapat memperparah GERD, misalnya obat tekanan darah dan antidepresan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X