Kompas.com - 14/12/2020, 16:05 WIB
Koin emas yang ditemukan di taman  sebuah keluarga di Inggris. live scienceKoin emas yang ditemukan di taman sebuah keluarga di Inggris.

KOMPAS.com - Sebuah keluarga di Inggris yang tengah berkebun, tanpa sengaja menemukan harta karun yang berharga.

Harta karun tersebut berupa tumpukan koin yang terdiri dari 63 koin emas dan 1 koin perak.

Diperkirakan koin-koin tersebut terkubur sekitar tahun 1540, ketika Raja Henry VIII masih hidup dengan bergambar raja Inggris.

Baca juga: Buku Harian Nazi Ditemukan, Ungkap Lokasi Harta Karun Perang Dunia II

Seperti dikutip dari Live Science, Senin (14/12/2020) usai penemuan tersebut, keluarga Inggris itu segera melaporkan temuannya ke British Museum yang menjalankan program bernama Portable Antiquities Scheme (PAS), sebuah program yang bermitra dengan masyarakat lokal untuk menemukan artefak sejarah di Inggris sehingga dapat didokumentasikan dan dipelajari.

Menurut British Museum, siapa pun yang menyimpan koin itu merupakan orang yang mampu.

Pasalnya, setelah ditaksir koin-koin tersebut bernilai sekitar £24 pada saat itu atau setara dengan £14.000 hari ini. Jika dikonversikan dengan mata uang rupiah, koin tersebut saat ini senilai Rp 262 juta.

John Naylor, seorang ahli koin dari Museum Ashmolean di Universitas Oxford, mengatakan kemungkinan besar seorang pedagang kaya mengubur tumpukan koin-koin tersebut.

Selain itu, Naylor juga berpendapat jika orang yang mengubur koin kemungkinan adalah anggota pendeta.

Baca juga: Terkubur 1.100 Tahun, Ratusan Koin Emas Era Kekhalifahan Abbasiyah Ditemukan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X