Terkubur 1.100 Tahun, Ratusan Koin Emas Era Kekhalifahan Abbasiyah Ditemukan

Kompas.com - 26/08/2020, 12:02 WIB
Koin-koin emas dari zaman Kekhalifahan Abbasiyah yang ditemukan oleh remaja Israel. REUTERSKoin-koin emas dari zaman Kekhalifahan Abbasiyah yang ditemukan oleh remaja Israel.

KOMPAS.com - Beberapa remaja Israel yang menjadi relawan di situs penggalian di Israel tengah menemukan 425 koin emas berusia 1.100 di dalam satu tembikar.

Koin-koin ini ditemukan di kawasan yang dulu menjadi bagian dari Kekhalifahan Abbasiyah.

Berat koin-koin ini 845 gram dan diyakini bernilai besar saat sang pemilik menaruhnya di satu di tembikar dan menguburnya di dalam tanah.

Para ahli mengatakan, nilainya cukup untuk membeli rumah mewah pada zaman Kekhalifahan Abbasiyah.

Baca juga: Berumur 313 Juta Tahun, Inilah Jejak Kaki Hewan Tertua di Grand Canyon


Namun yang masih menjadi pertanyaan besar adalah, siapa pemilik koin dan mengapa ia tak mengambil koin emas tersebut.

"Orang yang mengubur harta karun ini 1.100 tahun lalu, pasti berharap suatu saat nanti harta ini akan diambil kembali. Bahkan, tembikar ini ditanam dengan paku, dengan harapan tembikar tidak berubah tempat," kata direktur penggalian, Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad yang keduanya bekerja di otorita kepurbakalaan Israel.

Nadav-Ziv dan Haddad menjelaskan temuan ratusan koin emas termasuk sangat jarang.

"Kami hampir tidak pernah menemukan koin-koin seperti ini dalam penggalian-penggalian arkeologis, karena emas sangat berharga dan logam mulai ini dicetak ulang selama beberapa generasi," kata Nadav-Ziv dan Haddad.

"Luar biasa (rasanya). Saya menggali dan melihat benda yang tampak seperti daun-daun tipis. Ketika saya lihat lebih dekat, ternyata koin-koin emas," kata remaja yang menemukan harta karun, Oz Cohen.

Nadav-Ziv dan Haddad menjelaskan temuan ratusan koin emas termasuk sangat jarang.EPA via BBC Indonesia Nadav-Ziv dan Haddad menjelaskan temuan ratusan koin emas termasuk sangat jarang.

Robert Kool, seorang pakar koin, mengatakan selain ratusan koin emas, ditemukan pula potongan kepingan emas dalam ukuran lebih kecil, yang mungkin difungsikan sebagai "uang kembalian".

Baca juga: Hilang 50 Tahun, Celurut Gajah Paling Dicari Ditemukan Hidup di Afrika

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X